Sat Lantas Polres Solok Arosuka Laksanakan Sidang di Tempat


Arosuka, Editor.-
Pada operasi patuh yang dijadwal serentak di seluruh Indonesia selama 14 (empat belas) hari, terhitung mulai tanggal 26 April hingga 9 Mei 2018, sesuai amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sat Lantas Polres Solok Arosuka menggelar sidang di tempat bagi pengendara kendaraan bermotor yang melanggar dan tidak mematuhi aturan lalu lintas.

Kapolres Solok Arosuka  AKBP Fery Irawan.SIK melalui Kasat Lantas IPTU Bayful Yendri,SH mengatakan, operasi pola sidang di tempat ini bertujuan dalam rangka memudahkan masyarakat dalam memproses pelanggaran atau tilang itu sendiri. sidang ditempat tersebut digelar selama dua hari, mulai tanggal 3 Mei hingga hari ini 4 Mei 2018.

Lebih lanjut dikatakan Bayful Jum’at (3/5), sasaran dari operasi tersebut tetap mengacu pada tujuh sasararan utama dalam gelaran operasi patuh, diantaranya pengemudi yang menggunakan handphone, pengemudi melawan arus, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu, pengemudi di bawah umur, pengemudi dan penumpang sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI, pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba atau mabuk, serta pengemudi yang berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

“Pada hari pertama pelaksanaan sidang di tempat, sebanyak 83 surat tilang dilayangkan tim, dan 73 denda tilang diselesaikan ditempat. Kemudian, pada hari ini, yang merupakan hari ke dua pelaksanaan gelar operasi ini, tim juga telah mengeluarkan 40 surat tilang” ucap Iptu Bayful

Menurut Bayful, terhitung hingga tanggal 4 Mei 2018, secara keseluruhan, dalam pelaksanaan operasi patuh 2018 ini, Sat Lantas Polres Solok Arosuka telah mengeluarkan sebanyak 622 tilang. Dari seluruh tilang yang dilontarkan, 90 persennya merupakan tilang yang sesuai dengan ketujuh sasaran target operasi tersebut. Sementara 10 persen tilang lainnya, dengan alasan pelanggaran selain tujuh target sasaran tersebut.

Dibandingkan dengan jumlah besaran yang ditargetkan oleh Dir Lantas Polda Sumbar, bahwa capaian target tilang sesuai target sasaran itu telah jauh melampaui target. Target yang dibebankan ke Polres Solok Arosuka sebesar 70 persen dari jumlah seluruh penilangan yang dilakukan. Sat Lantas Polres Arosuka juga telah berhasil melampaui jumlah target tilang yang ditetapkan yaitu sebanyak 462 surat tilang. Artinya dengan 622 surat tilang yang dikeluarkan, Sat Lantas Polres Solok Arosuka, telah 135 persen pencapaian targetnya, sementara masih tersisa 5 hari lagi waktu operasi.

Selain itu, meski Kabupaten Solok merupakan daerah rawan kecelakaan lalu lintas, namun hingga hari ke sembilan pelaksanaan operasi ini, Kabupaten Solok tercatat nihil kecelakaan selama operasi digelar.

“Melalui kegiatan operasi pola sidang di tempat ini, diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah masyarakat dalam proses pelanggaran yang telah dilakukan, yang tujuan hakikinya tetap dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap tertib berlalu lintas, guna menekan angka pelanggaran dan kecelakaan” terang Bayful.

Dalam operasi kali ini, Sat Lantas Polres Arosuka melibatkan Dishub Kabupaten Solok, Dishub provinsi Sumatera Barat, Jasaraharja, POM ABRI, Kejaksaan dan pengadilan Koto Baru.** Roni Akhyar/ Amel

710 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*