Statemen Gubernur Hanya Omong Kosong, Penambangan Galian C di Koto Alam Terus Berlanjut

Limapuluh Kota, Editor.- Statemen Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bakal meninjau ulang izin penambangan galian C di selanjang pinggir jalan nasional dari Koto Alam Sampai Pangkalan Kecamatan Pangkalan kabupaten Limopuluh Kota pasca musibah longsor tahun lalu hanya omong kosong.

Buktinya sampai sekarang lima perusahaan penambangan galian C itu (PT Asaba , PT ATM, PT.KAS , PT.BSP dan Dempo) masih aktif dan aman beroperasi melakukan penambangan batu berkualitas ekspor itu. Setiap hari puluhan truk hasil tambang itu meluncur dari Pangkalan menuju Pekan Baru.

Plt.Camat Pangkalan Zulkifli Lubis S.Pd menjawab pertanyaan tentang izin penambangan, mengaku sebagian perusahaan penambangan galian C itu masih beroperasi.

Saat bencana lonsor terjadi mereka memang menghentikan kegiatannya. Tetapi beberapa saat kemudian setelah ada penelitian, keluar surat edaran dari propinsi bahwa penambangan galian C oleh perusahaan yang punya izin di pinggir jalan nasional itu di bolehkan beroperasi kembali, jelas Zulkifli Lubis.

Ketika diminta copy surat edaran itu, Zulkifli mengaku lupa dimana tersimpan yang jelas ada surat edaran yang menyuruh kelima perusahaan itu beroperasi kembali tambahnya.** Yus

 

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*