Pemko Bukittingi Telah Salurkan Bantuan Sembako Buat 59 Ribu Warga

Wako Ramlan Nurmatias saat Video Conference.
Wako Ramlan Nurmatias saat Video Conference.

Bukittinggi, Editor.- Pemerintah Kota Bukittinggi telah menyalurkan bantuan sembako kepada 58 ribu warganya yang terdampak virus corona (covid-19)sebanyak dua kali.

“Kami telah bantu yang ada dalam data DTKS sekitar 19.500 ribu orang dan sudah kami bagikan di tahap pertama, tahap ke dua juga sudah selesai sekitar 38 ribu orang,” kata Walikota Bukittinggi,  Ramlan Nurmatias pada video conference bersama awak media, Selasa (28/4/2020).

Bantuan berupa paket sembako itu dibagikan dengan cara melibatkan banyak pihak. Mulai dari RT, RW, Babinsa, Khamtibmas, dan LSM.  Tim tersebut akan menilai apakah masyarakat itu layak diberikan bantuan atau tidak, sesuai kriteria yang telah ditentukan.

Masyarakat yang mendapatkan bantuan adalah mereka yang memiliki KTP, KK, dan tinggal di Bukittinggi. Bantuan beras diberikan sebanyak 9 kilogram, minyak goreng, sarden, 10 butir telur setiap orang.

Beras yang dipakai juga beras masyarakat yang dibeli pemerintah lalu diberikan kepada masyarakat. “Kita tidak pakai beras bulog, menurut kami apa yang kami makan maka itu juga yang harus dimakan warga,” katanya.

Untuk tahap berikutnya, Pemko Bukittinggi akan mengubah menu bantuan dengan memasukan gula, tepung, odol, sabun dan deterjen. Hal ini tak lain untuk menyambut Idul Fitri. Penyerahan bantuan nantinya akan diberikan oleh RT setempat. Bahkan melibatkan tokoh adat.

Menurutnya, jika ninik mamak daerah tersebut menilai sebuah keluarga layak menerima bantuan, maka akan diberi.

“Alhamdulillah semua sudah diterima masyarakat, itu boleh dikatakan orang Bukittingi semuanya, yang tidak bantuan itu ASN, TNI Polri, pokoknya yang punya gaji tidak dapat. Masyarakat Bukittinggi mayoritas pedagang, dan kegiatannya sekarang terhenti karena corona. Seperti pedagang kecil, asongan, sopir bendi, bahkan pegawai hotel. Bagi masyarakat yang tidak mendapat bantuan boleh melaporkan ke kantor lurah. Nanti akan dinilai oleh tim apakah layak mereka diberi bantuan atau tidak. Bantuan tersebut berasal dari APBD Kota Bukittinggi,” ujarnya.

Sementara untuk bantuan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat pihaknya masih melakukan pendataan. Bantuan tersebut nantinya akan diberikan kepada warga yang belum mendapatkan bantuan,tambah Ramlan. ** Widya

 

693 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*