Wagub Audy Joinaldy Kunjungi Kawasan Ekowisata Talao Park Nagari Ulakan

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy jalan kaki mengelilingi trekking talao.
Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy jalan kaki mengelilingi trekking talao.

Ulakan, Editor – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar), Ir Audy Joinaldy, S.Pt, M.Sc, MM, IPM, ASEAN.Eng, kunjungi kawasan ekowisata dan edukasi Green Talao Park (GTP) Nagari Ulakan, Kamis (13/1).

Wagub Sumbar didampingi Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat H. Novrial, SE, MA, Ak beserta tim Satuan Tenaga Konselor Pariwisata (SANAK) Sumbar serta rombongan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Rombongan Wagub Sumbar disambut Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Padang Pariaman, Jon Kenedi, S.Sos, MM bersama Camat Ulakan Tapakis, Emri Nurman, S.STP, M.M, Wali Nagari Ulakan Ade Candra Saputra, ST, Ketua Bamus Nagari Ulakan, Syahrul Mubarak, S.Pd, Direktur Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Pesisir Ulakan Madani Adi Kurniawan, niniak mamak yang berulayat di Nagari Ulakan, Nagari Tapakis dan Nagari Katapiang, anggota Pokdarwis dan wali korong setempat.

Kedatangan Wagub Sumbar beserta rombongan dimeriahkan dengan arakan Gandang Tambua Tasa anak-anak Nagari Ulakan dari Korong Kabun Bungo Pasang. Kemudian dilanjutkan pemasangan deta kepada Wakil Gubernur oleh niniak mamak diwakili Datuak Yusabri Rangkayo Amai Said.

Kemudian rombongan Wagub Sumbar menuju Galeri Ekonomi Kreatif (Ekraf) Nagari Ulakan untuk melihat hasil karya dan prestasi-prestasi yang telah diraih GTP.

Direktur BUMNag Adi Kurniawan menjelaskan tentang proses dan progres Green Talao Park dari semula terbentuk, serta benturan dan tantangan yang dilalui hingga saat ini. Wagub Sumbar mengapresiasi pencapaian Green Talao Park bersama seluruh masyarakat yang ada.

“Ini sesuatu hal yang sangat jarang ditemui. Tidak hanya pemuda bersama pemerintah nagari dan kabupaten yang hadir, juga niniak mamak Nagari Ulakan. Semoga ini bisa dicontoh nigari-nagari lainnya dalam mengembangkan Pariwisata berbasis masyarakat,” ujar Wagub Audy.

Ia mengatakan, pencapaian jumlah kunjungan wisatawan yang mencapai 130 ribu lebih dalam masa pandemi adalah suatu hal yang bagus dan sangat prospektif. Namun harus ditingkatkan dalam hal pelayanan supaya semua pengunjung bisa menghabiskan uangnya di sini.

“Untuk kegiatan berkelanjutan, pengelolaan kawasan wisata harus selalu penuh kreatifitas seperti ini.” jelas Wagub Audy.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial, Green Talao Park termasuk salah satu destinasi yang diperhitungkan di Sumbar dengan wisata berbasis masyarakatnya. Memang masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi, apalagi di Ulakan ini ada kawasan wisata religius Makam Syekh Burhanuddin.

“Jadi tidak hanya ritual Basafa yang menjadi tujuan wisatawan, kapan perlu ada penambahan berupa paket wisata mediasi dan lainnya,” tuturnya.

Setelah makan bersama di Gazebo bundaran dengan menu lokan, langkitang, sala bulek dan lainnya olahan Kelompok Usaha Ekonomi Masyarakat (KUEM) Nagari Ulakan, kegiatan dilanjutkan dengan jalan kaki keliling trekking talao melihat keindahan hutan mangrove dan nipah yang ada di sekitar kawasan ekowisata dan edukasi GTP. ** Rafendi/Prokopim

97 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*