Terkait Virus Corona, Forum Masyarakat Minangkabau Datangi DPRD Sumbar

Forum Masyarakat Minangkabau saat beraudensi dengan Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Safar
Forum Masyarakat Minangkabau saat beraudensi dengan Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Safar

Padang, Editor.- Forum Masyarakat Minangkabau (FMM) datangi DPRD Sumbar, Senin (27/1/2020) . Mereka menyampaikan aspirasinya menolak turis China yang masuk ke Sumbar. Kedatangan mereka disambut oleh Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Safar, Setwan DPRD Sumbar Raflis SH. MM, Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar Jasman dan Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial.

Dalam pertemuan dengan Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Safar ini, FMM meminta semua wisatawan asal China ini harus keluar dari Sumbar dalam waktu  2×24 jam dari waktu yang ditentukan. Kita minta turis China ini keluar dari Sumbar karena menyangkut  masalah keselamatan masyarakat. Ada Virus Corona yang mewadah, jelas Penasehat FMM Sumbar, Jell Fathullah saat beraudensi dengan Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Safar.

Kemudian hal lain  yang diminta oleh FMM kepada Pemprov Sumbar agar membatalkan jadwal ke datangan wisatawan  asal China berikutnya, dan juga minta Pemprov Sumbar tidak menerima turis asal  China sampai wabah Virus Corona ini dinyatakan aman jelas, Jell fhatullah.

Pada kesempatan ini, Jell merasa kecewa  dengan Walikota dan Bupati yang tetap menerima turis asal China didaerahnya, untuk itu dia minta DPRD Sumatera Barat agar menegur mereka.

Menut jell, tuntutan FMM adalah 2 x 24 jam turis asalah China dikembalikan ke negaranya, tapi setelah bernegosiasi dengan pihak pemprov dalam hal ini Kadis Pariwisata, disepakati bahwasanya selama mereka menunggu kedatangan pesawat maka mereka harus di isolasi ungkap Jell Fhatullah.

Sementera itu Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial dalam pertemuan tersebut menjelaskan, gagasan ini bukan kebijakan pemerintah Provinsi Sumatera Barat tapi adalah kebijakan nasional untuk mencapai target kunjungan wisatawan 20 Juta masuk ke Indonesia. Salah satu  pasar potensial  itu adalah dari China karena jumlah penduduknya 1,5 Milyar dan tingkat kesejahteraanya sudah cukup tinggi.

Untuk memperpendek masa tinggal turis asal China ini di Sumatera Barat, menurut Novrial ia sudah berkoordinasi dengan pihak travel, dimana pihak travel akan membelikan tiket baru untuk mempercepat kepulanagan turis asal cina tersebut.

Sementara itu Jasman kepala Biro Humas Provinsi Sumatera Barat mengatakan  dari hasil koordinasinya dengan pihak Travel dia sangat menyikapi dan menghormati apa yang menjadi aspirasi masyarakat Sumatera Barat , untuk itu pihak Travel berupaya untuk segera mengurus pembelian tiket untuk mempercepat kunjungannya di Sumatera Barat dan mereka sangat komit akan mepercepat kunjungannya di Sumatera Barat ujar Jasman.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Safar mengatakan, kita DPRD menampung dan menghimpun aspirasi masyarakat, sekaitan surat yang disampaikan oleh Forum Masyarakat Minangkabau kepada DPRD akan diteruskan kepada pemerintah provinsi, termasuk surat untuk DPR RI juga tugas kami untuk mengirimkanya, ungkap Irsyad Safar. **Herman

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*