Terkait  Penyelenggaraan Jenazah Korban Covid-19, Pemkab Solok Gelar Rapat Lanjutan

Rapat terkait pemakaman jenazah pasien Covid-19 di Kab. Solok.
Rapat terkait pemakaman jenazah pasien Covid-19 di Kab. Solok.

Arosuka, Editor.- Pemerintah Kabupaten Solok melaksanakan rapat lanjutan tentang penyelenggaraan jenazah korban covid-19 bersama lembaga terkait, bertempat di Ruangan Solok Nan Indah, Arosuka, Seni (20/4).

Hadir pada rapat tersebut Bupati Solok diwakili staf ahli Bidang Hukum dan Politik Abdul Manan, Perwakilan Kemenag Kasi Bimas Islam Kemenag Kab Solok, Kadis kesehatan kab solok dr.Maryeti Marwazi,Mars, Dirut RSUD Arosuka drg.Musfir Yones Indra, Kabag Kesra Ahpi Gusta Tusri, S, STP, M,Si, Pasi ops kodim 0309 Solok Kapten Chb. E Budiman S, Kabag Ops Polres Solok Arosuka Komp Yuswawi, Perwakilan Kabag Ops Polres Solok Kota Iptu Kalidin, Kasat Pol PP Drs. Efriedi, MM dan Camat sekabupaten Solok.

Rapat itu dilaksanakan dengan dasar, Keputusan Bupati Solok nomor : 360-187-2020 Tentang pembentukan gugus tugas percepatan penanganan Virus Corona Desaese-2019, Telaah Staf  Kepala Dinas Kesehatan Nomor  : 800/715/DINKES-2020 Tentang mohon persetujuan Lokasi pemakaman Jenazah Covid-19 dan surat tugas tim pemulasaraan dan pemakaman jenazah Covid-19 di Kab Solok dan Hasil Rapat pembentukan tim penyelenggaraan jenazah korban Covid-19 di posko utama covid-19 tanggal 16 April 2020.

Pada kesempatan itu Kadis Kesehatan dr.Maryeti Marwasi,Mars melaporkan, Dinas kesehatan sudah mendistribusikan APD yang sudah dibeli ditahap pertama kepada petugas kita dilapangan tetapi kita akuai memang masih mengalami kekurangan.

“Kita masih berupaya untuk melengkapi APD bagi petugas dilapanagan dengan  membeli APD pada tahap kedua yang menurut jadwal akan sampai pada bulan Mei ,” jelasnya.

Sementara itu Dirut RSUD Arosuka Drg.Musfir Yones Indra melaporkan, RSUD Arosuka siap untuk menyelenggarakan jenazah korban covid-19 di Kabupaten Solok karena sudah memiliki standar operasinal prosedur (SOP) pemulasaraan jenazah Susuai dengan keagaman dan kesehatan mulai dari pemandian ,pengapanan jenazah sampai ke pemakaman.

Ikut memberi laporan pihak Kodim 0309 Solo, Polres Solok Arosuka, Polres Kota Solok dan Kemenang Kab. Solok Yang Intinya Mengatakan Siap Menghadapi Segala Kemungkinan Terkait Covid-19.

Kesimpulan rapat oleh Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politi Abdul Manan, diantaranya, Penyelenggarakan jenazah korban covid-19 harus memperhatikan dan mengikuti standar operasional prosedur (SOP) yang sudah ada baik itu dari agama maupun kesehatan. Tujuannya adalah untuk mencegah penularan penyakit dari jenazah ke petugas,kelurga,masyarakat maupun liungkungan.Diminta kepada camat dan wali nagari untuk meberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang tata cara penyelenggaraan jenazah korban covid-19 sesuai SOP. Kelengkapan APD untuk petugas  dilapangan masih mengalami kekurangan terutama untuk tenaga kesehatan yang berada di garis depan dalam penanganan covid-19. Tempat penyelenggaraan jenazah di dekat taman makam pahlawan di arosuka dengan luas lahan satu hektar dengan  status tanah adalah milik Pemda Kabupaten Solok

Diminta kepada semua pihak untuk selalu berkoordinasi serta Untuk menyampaikan informasi secara cepat bisa lewat WA atau telpon langsung. Berikan pemahaman kepada masyarakat tentang cara pemulasaraan dan pemakaman jenazah sudah sesuai dengan syariat islam sehingga diharapkan tidak ada  penokan ditengah-tengah masyarakat. ** Tiara/Hms

390 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*