Sentra Kerajinan Tenun Lintau Buo Dikelola UPT dan Yayasan Kriya Minangkabau

Batusangkar, Editor.- Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar Marwan, SE melalui telepon selulernya menyatakan, Sentra kerajinan Tenun dan Rusunawa  Lintau Buo, kabupaten Tanah Datar akan dikelola oleh Unit Pengelola Teknis (UPT) bekerjasama dengan Yayasan Kriya Minangkabau mengingat keterbatasan anggaran Pemerintah Tanah Datar.

Nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) yang  berisikan kontrak kerjasama tersebut ditandatangani Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi bersama Prof Fasli Jalal selaku Ketua Yayasan Kriya Minangkabau dan Kepala Dinas Koperindak Tanah Datar di Kediaman Wakil Presiden RI Yusuf Kalla dan juga  disaksikan oleh  Pembina Yayasan ibu Jusuf Kalla dan Sekretaris Yayasan Maswida Masriadi Jum’at (31/08).

Selanjutnya Marwan mengatakan, penandatanganan MOU  tersebut merupakan tidak lanjut dari pengelolaan sentra tenun agar lebih profesional dan dapat dimanfaatkan bagi siapa yang berminat belajar di sentra kerajinan tenun Lintau Buo. Setelah penandatanganan nota kesepahaman, kedepan kita akan lebih fokus mengelola pusat kerajinan tenun bersama UPT yang akan kita bentuk untuk meningkatkanmperekonomian masyarakat di Tanah Datar. Kita haqul yakin sentra tenun ini akan berkembang,karena dikelola bersama dengan yayasan dan UPT, ujar Marwan.

Disamping itu, Pembina Yayasan Minagkabau sekaligus Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ny Mufidah Jusuf Kalla mengatakan, sentra tenun dimànfaatkan  sebagai upaya pelestarian kerajinan daerah dan berharap bisa di tindak lanjuti oleh  kedua belah pihak sesuai kewenangan masing-masing sehingga Rumah Tenun di Lintau Buo Tanah Datar bemanfaat bagi masyarakat.

Penandatangan MoU tersebut dihadiri mantan Bupati Tanah Datar Masriadi Martunus, Staf Khusus Wakil Presiden Syahrul Ujud, Mantan Direktur Promosi Dalam Negeri Kementerian Pariwisata RI Oca Isyri dan beberapa Pejabat Pemerintah Daerah Tanah. ** Jum

 

977 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*