Peringatan Harganas XXIV dan HAN tingkat Kota Pariaman tahun 2017 Semarak

Pariaman, Editor.- Keluarga mempunyai peran penting untuk melindungi anak dengan memberikan pola asuh yang sesuai dengan prinsip yang digunakan dalam pembangunan Anak Indonesia.

Pembangunan keluarga bertujuan untuk meningkatkan kualitas keluarga agar dapat timbul rasa aman, tenteram dan harapan masa depan yang lebih baik dalam mewujudkan kesejahteraan  lahir dan batin.

Hal tersebut disampaikan Walikota Pariaman Muhklis Rahman dalam sambutannya pada Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXIV dan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kota Pariaman Tahun 2017, bertempat di Pantai Gandoriah, Rabu (30/8).

“Keluarga menjadi wahana pertama dan utama dalam pembangunan. Keluarga yang berketahanan dan sejahtera adalah keluarga yang memiliki ketangguhan dan kemampuan secara sosial, ekonomi, dan budaya, sehingga kehidupan keluarga dapat hidup mandiri, sejahtera, dan bahagia,” tutur Muhkhlis R.

Ia menambahkan Peringatan HAN dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal, dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air.

“Peringatan ini merupakan suatu momentum yang mengemban visi dan misi yang penting, strategis dan monumental dalam upaya meningkatkan hak azasi dan kehormatan terhadap anak-anak di Indonesia khususnya di Kota Pariaman, serta meningkatkan kesadaran seluruh komponen masyarakat bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa,” ujarnya.

Oleh sebab itu, anak-anak perlu dibekali dengan keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bersusila, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

Wako juga megapresiasi Forum Anak Kota Pariaman yang terlibat aktif dalam setiap kegiatan yang bersentuhan dengan anak, serta berani mengemukakan tuntutan anak Kota Pariaman dengan 9 tuntutan, yang diserahkan kepadannya dan kepada DPRD Kota Pariaman.

“Dengan 9 tuntutan dari suara Anak Kota Pariaman ini, akan menjadi catatan bagi kami dan jajaran OPD, untuk dapat mengambil kebijakan dan langkah yang strategis dalam pemenuhan apa yang diinginkan anak-anak Kota Pariaman,” jelasnya.

Dalam sambutan Kepala DP3AKB Definal mengungkapkan pada tahun ini ada beberapa prestasi yang diperoleh Kota Pariaman melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman.

“Pertama Penghargaan Manggala Karya Kencana untuk Ketua TP. PKK Kota Pariaman, Ny. Reni Mukhlis yang diterima dari Ketua TP PKK Pusat, Erni Guntari Tjahjo Kumolo pada Peringatan Harganas tingkat Nasional  di Jambi dan penghargaan Pariaman sebagai Kota Layak Anak katagori Madya, oleh Sekdako Indra Sakti pada puncak Hari Anak Nasional di Pekanbaru, beberapa waktu lalu,” ucapnya.

ia juga menjelaskan untuk anak-anak terpilihnya 2 (dua) orang Anak Kota Pariaman Aisya Hanifa dan Rafi Haryadi sebagai Duta Anak Kota Pariaman dan Sumbar pada Forum Anak Nasional di Pekanbaru, serta Ahmad Fadhil Marta dalam pertukaran pelajar antar Negara di Belgia.

Definal juga mengatakan tema peringatan HAN tahun 2017  adalah Perlindungan Anak dimulai dari Keluarga dengan pesan utama “Saya Anak Indonesia, Saya Gembira” mengandung makna kita harus selalu bisa menciptakan kegembiraan pada anak-anak kita.

“Dengan tema ini diharapkan dapat menggugah setiap individu, orang tua, dan keluarga untuk memahami pentingnya peran, tugas, tanggungjawab dan kewajiban masing-masing dalam memenuhi hak anak dan melindungi anak, karena ditangan merekalah masa depan anak-anak dibangun,” tutupnya.

Peringatan Harganas XXIV dan HAN tingkat Kota Pariaman tahun 2017, semakin semarak dengan penampilan dari anak-anak Kota Pariaman, baik dari Forum Anak maupun penampilan dari sekolah yang ada di Kota Pariaman, mulai dari tari, nyanyi serta puisi, serta penyerahan hadiah yang diselenggarakan oleh DP3AKB.  ** J/Hms/Sgr

714 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*