Pemkab Tanah Datar Gelar Sosialisasi Pelayanan Publik yang Berkualitas

Tanah Datar, Editor.- Komitmen Pemerintah Kabupaten Tanah Datar untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di berbagai sektor sangat tinggi. Ini dibuktikan setelah sehari sebelumnya melaksanakan forum konsultasi publik dalam rangka pembahasan standar pelayanan publik perizinan, dilaksanakan lagi Sosialisasi Pelayanan Publik yang Berkualitas bagi Perangkat Daerah dan Wali Nagri se Tanah Datar pada hari Selasa (21/8), bertempat di Aula Kantor Bupati Pagaruyung.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Hardiman didampingi Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmy Harun,dan Narasumber Suyatno dari Kemen PAN dan RB.
Bupati yang diwakili oleh Sekda Hardiman dalam arahannya di hadapan para pesrta yang terdiri dari kepala OPD, Camat dan Wali Nagari serta peserta lainnya menyatakan, Pelayanan Publik telah diatur Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Perbup Tanah Datar Nomor 41 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan Pelayanan Publik.

“Menindaklanjuti yang tertuang dalam Undang-Undang dan Peraturan Bupati, Pemda Tanah Datar menerjemahkannya dengan menyusun program untuk perbaikan kualitas layanan di lingkungan Pemda Tanah Datar. Kemudian juga dilakukan pembinaan, evaluasi serta penilaian pemenuhan komponen standar pelayanan pada perangkat daerah,”ujar Hardiman.

Ditambahkan Hardiman , Sebagai langkah lebih lanjut Pemda Tanah Datar melibatkan Ombudsman Perwakilan Sumbar sebagai lembaga yang bertugas dalam mengawasi pelaksanaan pelayanan publik. “Kegiatan seperti ini sangat berdampak positif terhadap kualitas layanan publik di perangkat daerah, ini dibuktikan dianugerahkannya Tanah Datar sebagai Pemda dengan prediket Kepatuhan Tinggi dari Ombudsman RI dengan nilai 90,67 terhadap 56 produk layanan administrasi,”ujarnya

Kepala Bagian Organisasi Setda Adriyanti Rustam selaku ketua pelaksana dalam laporannya menyampaikan, Kegiatan sosialisasi dilaksanakan untuk memberikan pencerahan kepada aparatur di Pemda khususnya dan pemerintahan nagari khususnya.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk menciptakan pelayanan publik yang berkualitas dimana starting pointnya adalah pemenuhan komponen standar pelayanan, dan sosialisasi ini merupakan salah satu tahapan pembinaan dan penilaian penyelenggara layanan, sehingga diharapkan peserta sosialisasi dapat menerima transfer knowledge dari narasumber kita hari ini,” harap Adriyanti.

Suyatno selaku narasumber dalam narasinya menyampaikan apresiasi dan kebanggaan atas perhatian dan komitmen pemerintah daerah untuk menciptakan pelayanan publik yang berkualitas di Tanah Datar.

“Saya harus memberikan apresiasi dan kebanggaan atas dukungan dan komitmen Pemerintah Tanah Datar dalam menciptakan pelayanan publik yang berkualitas untuk kenyamanan masyarakatnya, karena untuk menciptakan pelayanan publik yang berkualitas memang butuh dukungan dari semua pihak, terutama dari Pemerintah Daerah itu sendiri”ujar Suyatno. ** Jum

605 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*