Musrenbang RKPD Tahun 2023 Bukittinggi Dihadiri Anggota Komisi IX DPR RI 

Wako Bukittinggi Erman Safar saat membuka Musrenbang RKPD Bukittinggi 2023
Wako Bukittinggi Erman Safar saat membuka Musrenbang RKPD Bukittinggi 2023

Bukittinggi, Editor.- Musrenbang RKPD Tahun 2023 Bukittinggi dihadiri Anggota komisi IX DPR RI  dari fraksi Gerindra yang juga  anggota Banggar, Ade Reski Pratama.

Musrenbang yang dibuka Wako Bukittinggi Erman Safar itu mengangkat tema “Keberlanjutan pemenuhan kebutuhan dasar dan Pemulihan Ekonomi pasca pandemi,” digelar di Balai sidang Bung Hatta Bukittinggi pada Kamis (24/03).

Selain Walikota Bukittinggi Erman Safar dan Anggota DPR RI Komisi IX dari fraksi Gerindra sekaligus anggota Banggar, Ade Reski Pratama, juga hadir Ketua DPRD, pimpinan BUMN, Ketua Pengadilan Negri, perwakilan dari Bupati Agam, ketua GOW, Ketua Dharma Wanita, Ketua TP PKK , Pimpinan Perbankan, Kepala SKPD, Ninik mamak, alim ulama cadiak pandai Bundo Kanduang, serta sejumlah undangan.

Ketua Bapelitbang kota Bukittinggi Rismal Hadi, dalam laporannya mengatakan, perencanaan pembangunan daerah adalah suatu proses untuk menciptakan kondisi masa depan yang lebih baik dengan mengelola sumberdaya yang ada secara berhasil guna dan berdaya guna, sehingga dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk kesejahteraan masyarakat.

Menurut Rismal Hadi, wujud perencanaan partisipatif dalam menyusun rencana kerja atau program pembangunan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah,  akan terjaring berbagai aspirasi dan masukan dari tokoh-tokoh masarakat dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan Kota Bukittinggi.

“Dalam musrenbang ini, kita akan mengindentifikasi program dalam rangka mencapai target target yang telah ditetapkan di dalam RPJMD tersebut, ” ucap Rismal.

Lebih lanjut dikatakannya, sasaran pembangunan kota Bukittinggi diantaranya adalah menurunnya angka kemiskinan meningkatkan kualitas pendidikan, meningkatnya kehidupan keagamaan, meningkatnya pengelolaan sampah serta terwujudnya kota Bukittinggi sebagai destinasi wisata inovatif.

Ketua DPRD kota Bukittinggi Beny Yusrial pada kesempatan itu memaparkan,  pokok-pokok pikiran DPRD Kota Bukittinggi merupakan pelaksanaan fungsi DPRD dalam mewujudkan kewajibannya sebagai representasi masyarakat Kota Bukittinggi.

“Kondisi ini bagian dari upaya untuk mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kota Bukittinggi yang merupakan bagian dari penjabaran RPJMD Kota Bukittinggi Tahun 2021-2026, ” ujar Beny.

Selanjutnya, DPRD Kota Bukittinggi mengambil kesimpulan bahwa pokok – pokok pikiran DPRD Kota Bukittinggi Tahun 2023 telah sesuai dengan arahan kebijakan pembangunan daerah.

“Oleh karena itu kami merekomendasikan agar segera dapat diakomodir dalam rancangan RKPD Kota Bukittinggi Tahun 2023,” harapnya.

Dalam rangka memberikan layanan yang baik untuk masyarakat kota Bukittinggi.Kami mengapresiasi seluruh pencapaian dengan rancangan masyarakat dalam rangka Musrenbang, katanya.

Sementara Walikota Bukittinggi Erman Safar mengatakan, sudah satu visi dan misi bersama DPRD untuk sama – sama bekerja dalam meningkatkan pelayanan dan perekonomian masyarakat kota Bukittinggi.

“Kita akan mengarahkan kepada masyarakat untuk mulai melakukan aktivitas usaha, lalu kita akan berikan penyuluhan untuk kelompok yang tidak ada dunia usaha, kita buatkan kegiatan agar mereka mau berusaha dan penyuluhan wirausaha ini tidak bisa hanya sekali tetapi akan bertahap, ” imbuh Erman.

Menurut Wako  Erman, ditahun  2023 kita merencanakan untuk mengembangkan kawasan sport center alun alun, mess atlit, dan taman kota di wilayah Tigo Baleh atau ke Panorama Baru, ungkap Erman Safar.** Widya

54 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*