Masjid Al-Hidayah, Wakaf Mantan Gubernur Sumbar Hasan Basri Durin Diresmikan

Pembukaan tirai selubung papan nama tanda diresmikannya Mesjid Nurul Hudayah, wakaf dari nantan Gubernur Sumbar, Hasan Basri Durin.
Pembukaan tirai selubung papan nama tanda diresmikannya Mesjid Nurul Hudayah, wakaf dari nantan Gubernur Sumbar, Hasan Basri Durin.

Padang, Editor.- Kecintaan sosok Almarhum Hasan Basri Durin terhadap kemajuan pendidikan dan keagamaan di Sumatera Barat menjadi prioritas utama dalam pembangunan Sumatera Barat.  Tanpa sumberdaya yang  kecerdasan dan bertaqwa kepada Allah SWT tentunya tidak akan membawa kebaikan dalam kemajuan daerah.

Hal  ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Drs. Alwis saat acara peresmian Masjid Al-Hidayah yang berlokasi di jalan Purus I nomor 8 A Padang Barat, Kota Padang, Senin (1/5/2019).

Hadir juga dalam kesempatan itu Walikota Padang H Mahyeldi, Zuraida  istri Almarhum Hasan Basri Durin, Weno Aulia anak sulung Hasan Basri Durin, keluarga besar Almarhum Hasan Basri Durin, juga dihadiri Syahrul Ujud tokoh masyarakat Sumbar, Fachri Ahmad mantan Wakil Gubernur Sumbar, Syawir Taher dan para mantan Walikota Padang seperti Zuiyen Rais dan Fauzi Bahar, Yusman Kasim serta masyarakat Purus sekitarnya.

Lebih lanjut Alwis mengatakan, pendidikan keagamaan masyarakat lewat pembinaan di masjid merupakan suruhan dalam Al-Qur’an dan sunnah Rasullulah Muhammad SAW. Masjid selain tempat beribadah juga tempat belajar baik bagi generasi muda maupun masyarakat umumnya.

Seperti halnya pendidikan surau pada masa lalu. Yang membuat banyak tokoh Minang lahir dan besar dalam didikan tersebut. Hari ini tentu masjid tetap menjadi pusat ibadah dan pendidikan bagi kaum muslimin, ujar Alwis.

Peresmian tersebut ditandai dengan pembukaan tirai plang nama dan penyerahan sertifikat tanah atas nama masjid Al-Hidayah kepada pengurus oleh Walikota Padang yang didamping ahli waris Almarhun Hasan Basri Durin.

“Kami berharap masyarakat dapat memakmurkan masjid ini dengan baik,” kata Walikota saat peresmian.

Weno Aulia anak sulung dari Almarhun Hasan Basri Durin disela-sela peresmian tersebut juga menyampaikan, Masjid ini merupakan Wakaf Orangtua Almarhum Hasan Basri Durin yang meninggal dalam usia 81 tahun.

Dulu semasa hidup beliau pernah berkeinginan untuk membangun masjid, karena masjid bisa mempersatukan umat untuk saling berinteraksi dan bersilaturahmi dalam mencapai ukhuwah Islamiyah.

Apalagi Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam besabda “Barangsiapa yang membangun masjid karena Allah Ta’ala  (berharap wajah-Nya) maka Allah akan membangunkan mendukung rumah (istana) di Surga”

“Karena hadits inilah keinginan beliau kami wujudkan dalam waktu empat bulan, mudah-mudahan dengan adanya masjid ini dapat memberi manfaat bagi warga disini,” ujarnya.** Zardi/Hms

708 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*