Jelang Penilaian IKM-IPK, Kapolres Solok Kota Lakukan Sidak

Solok, Editor.- Menyikapi penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat dan Indeks Persepsi Korupsi (IKM-IPK) Kapolres Solok Kota melakukan inspeksi mendadak (Sidak) terhadap pelayanan publik di Kantor Samsat, Senin (13/8).

Sidak ini sekaligus guna meningkatkan kualitas pelayanan sebagai instrumen penilaian kinerja unit penyelenggara pelayanan publik, kepatuhan terhadap standar pelayanan dan kompetensi penyelenggara pelayanan, sesuai Undang – undang Republik Indonesia nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang dilaksanakan dengan metode survei.

Untuk mendukung kinerja pelayanan publik yang lebih baik, efektif, efisien dan berbasis kebutuhan, Polres Solok Kota yang diusulkan sebagai unit kerja instansi pemerintah dalam pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) tahun 2018, diperkirakan akan mengambil sampel dari produk pelayanan di masing-masing unit kerja Polres Solok Kota yang melakukan pelayanan Publik.

Tidak terkecuali, nantinya pengambilan sampel dari pelayanan publik dilaksanakan di Kantor UPTD P2D Kota Solok, (Kantor Samsat Cabang UPTD Kota Solok), Badan Keuangan Prov Sumbar yang dikepalai Zulfardi, SH yang berada dibawah kendali tiga Instansi pemerintah (Polres Solok Kota, Dispenda Prov. Sumbar dan PT Jasa Raharja). Tugasnya adalah melayani pendapatan negara dalam bentuk pajak kendaraan bermotor maupun biaya resmi lainnya.

Pada kesempatan, Kapolres Solok Kota AKBP Donny Setiawan meminta agar petugas di Samsat Kota Solok melaksanakan tugas dengan sebaik – baiknya serta bertanggung jawab dalam Pelayanan Publik. Ia mendorong agar terus ditingkatkan pelayanan, termasuk layanan yang menggunakan fasilitas Informasi teknologi.

”Ini sudah baik, tapi tidak boleh berhenti, harus terus dilengkapi,” ujarnya.

Menurut AKBP Donny, seiring dengan semangat reformasi birokrasi yang diinginkan oleh pemerintah pusat dan masyarakat, Polres Solok Kota selain sudah melengkapi fasilitas standar pelayanan publik, birokrasi juga harus inovatif dan mengutamakan terobosan untuk mendorong pelayanan menjadi lebih baik.

Kedepan, penyelenggara pelayanan publik, khususnya pada jajaran Polres Solok Kota perlu memperhatikan asas-asas pelayanan publik untuk selalu dapat diterapkan dengan menyempurnakan pelayanan. Sehingga pelayanan publik dapat dirasakan oleh semua masyarakat, dalam waktu dekat akan dilakukan penilaian kinerja unit penyelenggara pelayanan publik yaitu Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Indeks Persepsi Korupsi (IPK).

“Ini dilakukan Untuk mendukung kinerja pelayanan publik yang lebih baik, efektif, efisien dan berbasis kebutuhan,” papar Kapolres Solok Kota. ** Mempe

858 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*