Di Ajang Variasi 4 Jember, UKS Unand Raih Prestasi Desain Poster Terbaik Nasional

Padang, Editor.- Unit Kegiatan Seni Universitas Andalas (UKS Unand) meraih prestasi sebagai Desain Poster terbaik dalam ajang Festival Tari Mahasiswa Nasional 4 (Variasi 4) yang berlangsung pekan lalu  di UKM Fakultas Hukum  Jantung Teater Universitas Jember Jawa Timur.

Hal tersebut diungkapkan Della Firna pimpinan produksi pada Jumat (16/3) di Gedung PKM Kampus Unand Limau Manis Padang, usai diterima Wakil Rektor III Universitas Andalas.

Variasi 4 ini, tambah Della Firna, diikuti 12 kontingen: Padang (5), Makassar (4), Palembang, Riau, dan Jakarta masing-masing 1 kontingen. Lima kontingen dari Padang adalah UKS Unand, UKM FIB BSTM Unand, UKMF Hukum Studio Merah Unand, UKKes UNP, dan UKM Kress Universitas Dharma Andalas.

Ada pun tema yang disediakan pada Variasi 4 ini adalah Menari dalam Tari, dengan maksud menarikan masing-masing tari dalam budaya masing-masing daerah.

UKS Unand menampilkan tari Lukah Gilo, yang dipersiapkan selama 6 bulan, dimulai dari observasi, perekrutan anggota tim, uji kelayakan tari, dan telah melakukan 2 pertunjukan show up sebelum pergi ke Jember.

Tari Lukah Gilo merupakan permainan tradisional yang berbau mistis. Dulunya, Lukah Gilo merupakan ritual untuk mencari ikan. Sekarang, Lukah Gilo merupakan permainan anak nagari di Sumatera Barat.

“Walaupun dalam event kali ini UKS Unand tidak mendapatkan prestasi dalam bidang gerak tari atau pun musik, namun UKS Unand telah mengalahkan desain poster dari 12 kontingen, sehingga mendapatkan prestasi sebagai Poster Terbaik Nasional di Variasi 4 Jember, Jawa Timur,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Andalas Prof Dr Hermansah, menyampaikan selamat kepada UKS Unand yang telah berhasil meraih presatasi di bidang Poster Terbaik Nasional dengan mengalahkan kontingen lain dari berbagai perguruan tinggi lainnya.

Sebelumnya, juga di Variasi 4 Jember, Bengkel Seni dan Tari Minangkabau (BSTM) Fakultas Ilmu Budaya berhasil meraih dua penghargaan: Penyaji Terbaik 3, dan Penata Rias & Kostum Terbaik, serta masuk nominasi Koreografer Terbaik.

Ia berharap keberhasilan ini dapat menjadi motivasi dan lecutan bagi mahasiswa yang lain untuk mampu berprestasi di tingkat nasional maupun Internasional. ** Rafendi/Humas

1017 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*