Besok Disdukcapil Akan Launching GISA dan KIA

Agam, Editor .- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Kabupaten Agam akan launching Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) dan Kartu Identitas Anak (KIA), Kamis, (02/05) besok di lapangan kantor bupati Agam, Lubuk Basung..

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Agam, Drs.Misran M.Pd.pada Editor di ruang kerjanya, Rabu (01/05).

Menurutnya Lounching GISA dan KIA disamping pengenalan ke publik untuk kedua program nasional itu juga diharap mampu mengetuk hati masyarakat untuk semakin pedulinya terhadap kelengkapan dokumen kependudukan. Karena kelengkapan dokumen seperti KTP el adalah kebutuhan dasar setiap warga.

Acara Lounching nanti digelar di halaman Kantor Bupati bersamaan dengan upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXIII dan Hari Pendidikan Nasional tahun 2019.

Dikatakan Misran, puncak akhir dari GISA adalah terwujudnya Kabupaten Agam yang sadar administrasi kependudukan, sehingga terwujud tertib administrasi kependudukan sebagaimana amanat Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan. Kita berharap dapat diwujudkan di Kabupaten Agam ujarnya.

Sebagai tindaklanjut program nasional yang merupakan gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya dokumen kependudukan, data kependudukan, pemutakhiran data dan pentingnya pelayanan yang menyenangkan masyarakat Kabupaten Agam.” Sadar masyarakat kita untuk mengurus kelengkapan dokumen kependudukannya, Sadar Aparatur dalam pelayanan yang baik untuk masyarakat dan Sadar Pemerintah untuk anggarannya” kata Misran 

Dalam penerapannya, Disdukcapil Agam akan menerapkan gerakan tersebut pada dua Nagari yang akan menjadi percontohan sebagai Nagari tertib Dukcapil.

Yakni Nagari Kubang putiah Kecamatan Banuhampu dan Nagari Manggopoh Kecamatan Lubukbasung .

Alasan terpilihnya kedua nagari tersebut merupakan daerah yang paling banyak memiliki anak. Itu yang akan digarap supaya nagari tersebut tertib Dukcapil dan setelahnya akan menyebar merata di seluruh Nagari yang ada di kabupaten Agam. 

Misran menambahkan, untuk launching GISA dan KIA tersebut dijadwalkan, akan dilakukan langsung oleh Bupati Agam Dr. Ir.Indra Catri M.Sp yang akan ditandai dengan pelepasan balon udara, sekaligus penyerahan KIA secara simbolis kepada 22 orang anak. ** Yos

797 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*