Akibat Tabung Gas Bocor, Dua Warga Pakan Sinayan  Menderita Luka Bakar

Korban ledakan akibat gas yang bocor di sebuah rumah dalam Kelurahan Pakan Sinayan Payakumbuh Barat.
Korban ledakan akibat gas yang bocor di sebuah rumah dalam Kelurahan Pakan Sinayan Payakumbuh Barat.

Payakumbuh, Editor.- Warga Kelurahan Pakan Sinayan Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh (Sumbar) dikagetkan bunyi ledakan yang terjadi di rumah Tomi Hariadi (42) pagi Sabtu (12/03) sekira pukul 9.30 wib.

Karena kerasnya bunyi ledakan itu dan takut bakal terjadi kebakaran, warga setempat langsung menghubungi Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh. Begitu mendapat laporan pihak Damkar langsung bergerak cepat ke TKP ( Tempat Kejadian Peristiwa).

Menurut informasi, diduga ledakan itu disebabkan oleh tabung gas yang bocor, sehingga gas terkumpul di dalam rumah mengakibatkan sebuah ledakan yang mengagetlan warga sekitar.

Akibat kejadian itu, dua orang penghuni rumah  mengalami luka-luka yaitu Tomi dan anaknya Yahya (3).

“Ledakan rumah itu bukan karena tabung gas yang meledak, namun diduga karena gas yang bocor dan terkurung didalam rumah/ruangan adanya pemicu atau mendapat percikan sehingga terjadi ledakan,” kata Kabid Damkar Payakumbuh Budy Kurniawan S.Sos.

Budi juga mengapresiasi kecepatan pelaporan dari masyarakat, sekitar pukul 9.20 Wib pihaknya mendapat laporan dari masyarakat untuk permintaan bantuan, sementara itu saat Damkar sampai di lokasi kejadian sudah terjadi ledakan yang mengakibatkan rumah hancur.

“Korban masih dirawat di rumah sakit kami belum dapat kronologisnya seperti apa, kondisi rumah hancur di bagian pintu kamar, plafon, dan kamar mandi,” jelasnya

Budi juga mengingatkan kepada masyarakat jika terjadi kebocoran gas jangan pernah menyalakan atau mematikan lampu termasuk menyalakan api (kompor.red), langkah yang harus dilakukan adalah membuka jendela dan pintu agar gas keluar, regulator dibawa keluar ruangan.

“Jika terjadi kebocoran gas, segera buka pintu dan jendela dan jangan pernah menghidupkan/mematikan listrik karena hal itu akan memicu api atau ledakan dari gas bocor yang terkumpul,” tutupnya.** Yus

250 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*