Jembatan Batang Tapa Kembali Dibangun

Jembatan Batang Tapa yang mulai dibangun.
Jembatan Batang Tapa yang mulai dibangun.

Pasaman, Editor.- Harapan masyarakat Malampah untuk memiliki jembatan sementara di Batang Tapa yang hancur akibat gempa bermagnitudo 6,1 SR disertai galodo yang melanda Kab. Pasaman Jum’at 25/2 yang lalu segera terwujud.

Bupati Pasaman H Benny Utama menegaskan, “Seluruh fasilitas umum seperti jembatan terutama yang menyangkut perekonomian masyarakat harus segera dibangun walaupun bersifat sementara tapi aman dan nyaman untuk dilalui masyarakat.”

Nampak di lokasi jembatan di Kejorongan Kp Tabek,Nagari Malampah sudah terpasang leger ukuran 20 x 40 cm dengan panjang sekitar 4 M untuk jembatan darurat dan satu alat berat mini yang sedang bekerja.

Menurut keterangan salah satu tokoh muda Kec Tigo Nagari Eka, Aseng Kurniawan, Alhamdulillah, jembatan darurat seperti harapan kami masyarakat sudah mulai dibangun Pemda Pasaman.

Jembatan ini memang pendek, hanya 4 meter tapi sangat vital untuk perekonomian kami masyarakat terutama transportasi hasil bumi seperti jagung dan pinang.

Jagung saja sehari belasan ton harus melewati jembatan ini, jika tidak segera dibangun jembatan sementara tentu akan mengakibatkan bertambahnya biaya produksi yang memberatkan petani.

Selain itu, jembatan ini merupakan penghubung antar kampung seperti Kp Tabek, Durian Parau, Kp Kumbang, Sialang dan juga satu satu jembatan penghubung antara Nagari Malampah dengan Nagari Ladang Panjang via Sialang dan Aia Lundang.

Selain jembatan Batang Tapa, galodo juga menghanyutkan 3 jembatan lainnya, merusak  6 unit fasilitas kesehatan, 21 SD, 7 Paud dan 1 SMP serta mengakibatkan  498 rumah rusak berat, 425 rumah rusak sedang dan 893 rusak ringan.** Saiful Amri

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*