138 Mahasiswa PPM UNAND KKN di Kota Pariaman

Pariaman, Editor.- Salah satu cara mengentaskan kemiskinan adalah dengan pendidikan. Banyak orang sukses dan terangkat derajat kehidupannya karena pendidikan. Karena itu melalui KKN PPM ini diharapkan dapat meyakinkan anak-anak muda kota Pariaman lainnya yang belum menempuh perguruan tinggi, untuk dapat menempuh jenjang pendidikan.

Hal tersebut disampaikan  oleh Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dalam sambutannya pada acara serah terima mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Universitas Andalas (UNAND) Padang di Kota Pariaman, bertempat  Aula Balaikota Pariaman, Rabu (15/6).

Genius umar juga menambahkan bahwa di Kota Pariaman berkomitmen untuk menjadikan pendidikan sebagai bekal bagi generasi mudanya. Ini telah kita buktikan dengan menyelenggarakan Wajib Belajar 12 tahun semenjak tahun 2009 yang lalu, ditambah dengan Bus Sekolah Gratis yang diluncurkan sejak 2 tahun lalu, ujarnya.

“Hanya pendidikan yang dapat memutus mata rantai kemiskinan bagi masyarakat ekonomi lemah, betapa banyak saudara kita yang selama ini berada di bawah garis kemiskinan selama beberapa generasi dan ketika mereka telah menempuh pendidikan tinggi, mereka dapat menjadi tulang punggung keluarga dan mengangkat strata dari masyarakat miskin menjadi masyarakat menengah,” ungkapnya.

Genius juga menghimbau agar para mahasiswa yang melaksanakan KKN PPM di Kota Pariaman dapat membuat kegiatan positif dan merangkul generasi muda di desa ditempat mereka KKN. Dengan berbaurnya mahasiswa dengan masyarakat di desa yang mempunyai masalah yang kompleks, dapat menambah wawasan dan mempraktekkan ilmu yang didapatnya selama di bangku kuliah, tutupnya.

Dalam sambutan Rektor UNAND yang diwakili oleh Dekan Fakultas Kedokteran UNAND, Masrul, mengatakan KKN PPM ini bertujuan untuk menggabungkan ilmu pendidikan yang di dapat di kampus, untuk bisa diimplementasikan ilmunya di tengah masyarakat dimana mereka KKN nanti, ucapnya.

“Mari kita jaga silaturahmi dengan masyarakat di tempat KKN PPM nanti, selain kita bangun kedisiplinan  dari adik-adik mahasiswa, kita juga dapat merangkul generasi muda dan masyarakat desa untuk dapat berbuat lebih baik, demi kemajuan desa dimana ananda menempuh KKN,” tutupnya.

Kepala BPMD Kota Pariaman Lanefi menyebutkan mahasiswa KKN PPM UNAND ini berjumlah sebanyak 138 orang dengan tujuan di 4 Desa yang ada di Kota Pariaman, yaitu Desa Koto Marapak, Desa Kp. Baru Padusunan, Desa Marunggi dan Desa Sikapak Barat. KKN PPM mahasiswa ini berlangsung dari tanggal 15 Juni sampai 25 Juli 2016.

Diakhir acara diserahkan mahasiswa KKN PPM UNAND dari Dekan Fakultas Kedokteran Masrul kepada Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dan dilanjutkan dari wawako kepada 4 Kepala Desa yang akan menerima mahasiswa KKN PPM UNAND ini. ** J/Hms/Sgr 

733 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*