Widya Putra Dilantik Jadi Sekda Limapuluh Kota Keempat di Era Bupati Irfendi Arbi

Limapuluh Kota, Editor.- Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi melantik Widya Putra, S.Sos, M.Si menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Limapuluh Kota dan enam Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan pemerintah daerah setempat, Senin (12/11).

Widya Putra merupakan Sekda yang keempat di masa kepemimpinan duet Irfendi Arbi – Ferizal Ridwan. Mengawali tugasnya 3 tahun yang lalu pasangan ini yang menjadi Sekda adalah Yendri Thomas, setelah itu M.Yunus sebagai Pejabat selama enam bulan sesuai dengan ketentuan. Dari M.Yunus diserahkan kepada  Taufik Hidayat sebagai Pejabat pula selama 6 bulan, Enam bulan telah berlalu, jabatan Sekda berikutnya dipercayakan oleh Bupati kepada  Widya Putra sebagai Pejabat.Taufik Hidayat kembali ke jabatan sebelumnya sebagai Asisten 3 Sekwilda Limapuluh Kota.

Pelantikan Widya Putra Senin (12/11) bersama dengan enam pejabat eselon  II lainnya itu adalah sebagai pejabat Sekda yang definitif hasil lelang jabatan beberapa waktu yang lalu.

Keenam pejabat eselon II B lainnya itu antara lain M Darmawijaya, SH yang sebelumnya Kepala Bagian Risalah, Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD menjadi Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Berikutnya Indrawati, S.Pd yang semula Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Fiddria Fala, AP, M.Si yang semula Camat Guguak menjadi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Selain itu Ir. Eki Hari Purnama, M.Si yang sebelumnya Sekretaris Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan menjadi Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan. Selanjutnya Gusdian Laora, S.KM, M.Si dari Sekertaris Dinas Pangan menjadi Kepala Dinas Pangan, dan Herman Azmar, AP, M.Si yang semula Kepala Bagian Tata Pemerintahan Umum menjadi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Pelantikan ke tujuh pejabat tersebut berlangsung di alam terbuka tidak lagi di ruangan Aula, tetapi di halaman kantor bupati di Sarilamak disaksikan unsur Forkopimda minus ketua DPRD setempat karena tidak mendapat undangan dan ratusan para peserta upacara Hari Kesehatan Nasional ke 54 tahun 2018 serta atlit Proprov yang di lepas secara resmi oleh bupati pada hari yang sama.

Terpilihnya Widya Putra menjadi Sekda serta para pejabat tinggi pratama itu setelah sebelumnya melewati berbagai proses seleksi yang dilakukan secara terbuka dan kompetitif.  Khusus Widya, sebelumnya juga sudah menjabat sebagai penjabat sekda dan juga Kepala Bapelitbang Kabupaten Limapuluh Kota.

Bupati Irfendi Arbi berharap, Sekda yang baru ini mampu mengkoordinasikan semua jajaran Pemkab Limapuluh Kota dan instansi atau lembaga vertikal lainnya yang ada di daerah ini. Selain itu melaksanakan tugas membantu kepala daerah dalam menyelenggarakan pemerintahan dan menyusun kebijakan.

“Sekda merupakan jabatan puncak dalam karier PNS di daerah. Sekda memiliki peran strategis untuk menjaga roda pemerintahan, membina para ASN,” ujar Bupati Irfendi menjawab wartawan usai acara. ** Yus

1080 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*