Warga PKDP Dihimbau Jaga Nilai Budaya Piaman

Padang Panjang, Editor.- Pjs. Ketua DPW PKDP (Persatuan Keluarga Daerah Piaman) Provinsi Sumatera Barat Syaharman Zanhar. S. Sos mengingatkan, warga perantau Piaman, agar senantiasa lebih serius menjaga nilai nilai budaya Piaman, meskipun sudah lama meninggalkan kampung halaman pergi merantau

“Jangan biarkan nilai nilai budaya kampung kita Piaman. Tercerabut dari akarnya. Untuk mempertahankannya kita harus bangga dulu memiliki kampung halaman di Piaman.Jika sudah memiliki kebanggaan, maka dengan sendirinya cinta akan tumbuh dengan sendirinya”. Demikian Syaharman Zanhar mengingatkan ketika menyampaikan sambutan dalam acara pertemuan Silaturrahmi Rang Piaman di Kota Padang Panjang, Sabtu siang 16/7, di Lapangan Secata B. Rindam, jln M. Syafei Kota Padang Panjang.

Lebih lanjut Syaharman Zanhar mengatakan, sebagai perantau dinegeri orang, kita harus pandai pandai menyesuaikan diri, sehingga keberadaan kita dirantau disenangi oleh warga masyarakat lingkungan. Dimana bumi dipijak, disana langit dijunjung.

Kunci Keberhasilan urang Piaman di rantau adalah kekompakan atas dasar budaya yang sama. piaman maksudnya bukan kota Pariaman saja, akan tetapi meliputi warga masyarakat yg berasal dari kabupaten Padang Pariaman, kabupaten Agam sebagian dan Sebagian Kota Padang.

Sebelumnya Ketua DPD PKDP Kota Padang Panjang Hasan Basri menyebutkan bahwa Silaturrahmi yang dilaksanakan ini diadakan agar warga PKDP tidak saling lupa. Karena selama Pandemi covid 19, PKDP Kota Padang Panjang nyaris tidak ada kegiatan. Diharapkan dengan acara Silaturrahmi ini, kembali bisa merajutnya dengan baik.

Acara tersebut dihadiri Walikota Padang Panjang Fadly Amran, wakil Walikota Padang Panjang Drs. Asrul, wakil walikota Pariaman Drs. Mardison Mahyuddin, Ketua DPRD Kota Pariaman Fitri Nora. SE, Bupati Padang Pariaman diwakili Sekda Rudi Rillis. SSTP. Msi.

Batabuik

Sepanjang acara Silaturrahmi Rang Piaman di Kota Padang Panjang, selama itu pula sebuah Tabuik dihoyak berkeliling kota Padang Panjang. Batabuik adalah budaya warga masyarakat kota Pariaman yang biasanya digelar awal bulan muharram.

Menurut Ketua Panitia pelaksana Silaturrahmi, Amrizal yang juga Sekretaris DPD PKDP Kota Padang Panjang. Kegiatan batabuik tersebut sudah beberapa kali diadakan di Padang Panjang dan selalu mendapatkan perhatian yang luar biasa dari warga kota Padang Panjang yang berasal dari Piaman. Tabuik juga alat pemersatu dan alat untuk mempertemukan anggota PKDP di Kota Padang panjang. Rangkaian kegiatan ini dibiayai secara gotong royong ucap Amrizal.** Agusmardi

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*