Warga Padang Panjang Positif Covid-19 Terus Bertambah

Tim PPVC Kota Padang Panjang lebih mempeketat pengawasan di pintu masuk Kota Padang Panjang.
Tim PPVC Kota Padang Panjang lebih mempeketat pengawasan di pintu masuk Kota Padang Panjang.

Padang Paniang, Editor.- Kenaikan jumlah positif covid-19 kembali terjadi di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat. Kabar ini dibenarkan Kepala DKK, Nuryanuwar kepada Editor menyusul diterimanya hasil swab test dari laboratorium biomedik Fakultas Kedokteran Unand, dinihari Jum’at (8/5).

Penularannya diduga masih dari pasien 09 yang beralamat di Kelurahan Kampung Manggis. Ketiganya HA, AR dan AG terbilang masih keluarga dekat AP, pasien 09, yang merupakan salah seorang tenaga kesehatan Padang Panjang.

Sebelumnya pasien 09 diduga juga telah menularkan virus corona kepada   NW, DW, DT, NP, 4 orang kerabat dekat yang tinggal serumah dengannya.  Mereka  telah diisolasi di RSUD Kota Padang Panjang sejak beberapa hari yang lalu. Sementara pasien baru covid-19 AR dan AG dijemput ke rumahnya Jum’at pagi untuk menjalani isolasi di lokasi yang sama.

Secara terpisah Ampera Salim, jubir PPVC yang juga Kadis Kominfo Kota Padang Panjang, menyebutkan dari 528 sampel spesimen yang dikirim ke labor Unand, 361 hasil uji swabnya telah  diketahui, positif covid 22 orang, 339 negatif dan 167 lainnya dalam proses, atau masih menunggu. Masih ada sekitar 160 hingga 200 sampel spesimen (cairan bagian tenggorokan  bagian dalam) yang akan diuji swab.

Sebelumnya, seperti dilansir Editor, semula 19 orang warga Padang Panjang yang terserang Covid-19 itu, 18 orang adalah perawat, dokter dan tenaga labor RSUD setempat. Mereka tadinya pernah kontak dekat dengan wanita “NS” (29) dari daerah tetangga yang datang   berobat 4 kali ke RSUD tersebut. “NS” kemudian diketahui terserang Covid-19.

Sedang yang 1 orang lagi adalah perantau Kota Padang Panjang, yang baru pulang dari Jakarta. Perantau yang merupakan warga Kelurahan Gugukmalintang, Kecamatan Padang Panjang Timur ini diisolasi/dirawat bersama 18 orang tenaga perawat, dokter dan labor RSUD Padang Panjang di RSUD kota itu.

Dari hasil pengembangan  itu dilalukan swab test  terhadap  orang orang yang pernah berhubugan dekat dengan ke 19 positif covid ini. Hasilnya bertambah 3 orang  lagi dari keluarga pasien 09.

Menanggapi  hal ini Walikota Padang Panjang  kembali menghimbau warga Kota Serambi Mekkah  mentaati segala peraturan  PSBB. Kepada Satgas PPVC diminta untuk  bertegas tegas  dalam bertindak.

Masa edukasi, peringatatan dan himbauan himbauan, sudah cukup, kata Wako seperti disampaikan Sekdako Sony Budaya Putra dalam rapat gabungan bersama satgas PPVC TNI/ Polri dan pihak terkait lainnya.

Berikut  pasien positif  covid -19 di Kota Padang Panjang: 1. DR (Ekor Lubuk), 2. MI (Silaing Bawah), 3. MN (Guguk Malintang), 4. RR (Ekor Lubuk), 5. YN (Guguk Malintang), 6. FR (Balai-Balai), 7. WT (Silaing Bawah), 8. RN (Silaing Atas), 9. AP (Kampung Manggis), 10. DM (Guguk Malintang), 11. EF (Koto Katiak), 12. ADP (Tanah Hitam), 13. AZ (Kayu Tanam), 14. NE (Ngalau), 15. NW (Kampung Manggis), 16. DW (Kampung Manggis), 17. UT (Kampung Manggis), 18. NP (Kampung Manggis), 19. AG (Guguk Malintang), 20. HA (Kampung Manggis), 21. AR (Kampung Manggis), 22. AG (Kampung Manggis). **ym/sheni

4403 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*