Wamenaker RI Afriansyah Fery Noor, Hadiri Lomba Jelajah Pesona Wisata Alam Pagaruyung

Wamen beserta undangan disambut oleh panitia.
Wamen beserta undangan disambut oleh panitia.

Batusangkar, Editor.- Baralek Gadang  “Lomba Jelajah Pesona Wisata Alam “ yang merupakan satu Produk Unggulan (Progul) Satu  Nagari Satu   Event yang dilaksanakan oleh Nagari Pagaruyung  Sabtu (1/10).

Kegiatan tersebut   dihadiri langsung oleh Wakil Menteri Tenaga Kerja RI Afriansyah  Fery Noor yang juga putra asli nagari Pagaruyung, Bupati Tanah Datar Eka Putra,  Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau  Sultan Dr.M.Farid Thaib Tuangku Abdul Fatah bersama istri,Ketua DPRD Tanah Datar Mantan Bupati Tanah Datar  Ir. Shadig Pasadigue,Mantan Pj.Bupati Tanah Datar  Zuldafri Darma, Forkopinda, Ketua PKK, Kepala OPD Camat,Wali Nagari dan undangan lainnya.

Kedatangan para tamu  Pagaruyung Baralek Gadang disambut dengan gendang dan pupuik sarunai  yang bertalu-talu, marawa atau bendera Minangkabau yang berwarnah, kuning dan merah menghiasi kiri kanan sepanjang ruas jalan  menambah semaraknya kegiatan baralek gadang di Nagari Pagaruyung tersebut.

Kegiatan Satu Nagari Satu Event  dimulai  dengan menyerahkan gelanggang oleh Ketua KAN Pagaruyung Datuak Cumano  kepada panitia pelaksana Wali Nagari Pagaruyung  I Datuak Magek.

Ketua pelaksana I. Dt.Magek dalam laporannya mengatakan, festival satu ivent satu nagari merupakan moment yang tepat mengangkat potensi budaya yaang sudah lama terkubur, juga menggelar lomba jelajah pesona wisata alam Pagaruyung. Lintasan jelajah alam, peserta jelajah akan melewati sejumlah prasasti sejarah dan budaya Pagaruyung yang belum tersentuh dan terkelola. Sehingga kegiatan itu dapat memperkenalkan destinasi wisata yang belum terekpos dan tentunya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Nagari Pagaruyung saat ini  sedang berbenah dan memohon bantuan dan dukungan Pemkab dan masyarakat  agar seluruh program dan kegiatan dapat terlaksana dengan baik,” ujar M. Datuak Magek.

Daulat Yang Dipertuan (DYD) Rajo Alam Minangkabau Pagaruyuang  Sultan M Farid Thaib Tuanku Abdul Fattah dalam sambutannya  mengatakan, Nagari maju dan adat tagak karena ada kegiatan satu ivent satu nagari. Kegiatan ini sangat bagus untuk mengangkat budaya masyarakat Minangkabau agar tetap lestari.

Dia mengharapkan agar Bupati Eka Putra dapat menyelesaikan bangunan kantor Wali Nagari serta membangunan kantor KAN Pagaruyung, karena tanah untuk pembangunan sudah disediakan.

“Kalau indak sarancak kantua bupati dan kantor DPRD minimalnya dibawah itu, saya mendoakan semoga satu ivent satu nagari sukses, “ujar  M. Farid Thaib Tuangku Abdul Fatah.

Bupati Eka Putra dalam sambutan mengatakan, pelaksanaan satu iven satu nagari di Nagari Pagaruyung harus dicatat dengan tinta emas yang mana Satu iven satu nagari di Nagari Pagaruyung dihadiri langsung oleh  Wamen yang merupakan  putra  asli Nagari dan sudah sukses dirantau, serta dipercaya menjadi Wamen Tenaga Kerja.

Wamen  sebelumnya sudah ada agenda kegiatan  di Jawa ,  dengan adanya kegiatan satu ivent satu nagari Wamen memilih untuk pulang kampung  sebagai bukti rasa cinta kepada kampung halaman.

Pariwisata  merupakan unggulam yang berdampak multi efek dan secara luas juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.ujar Eka Putra

Wakil Menteri Tenaga Kerja Afriansyah Fery Noor dalam kata sambutan mengatakan, meski baru lima bulan menjabat wakil menteri ia akan membangun Indonesia terutama Sumatera Barat.

“Dengan adanya  kegiatan Lomba Jelajah Pesona Wisata  Alam Pagaruyung ini akan bisa membangun perekonomian sesudah covid yang menghantam seluruh sector di Indonesia,ujar Afriansyah Fery Noor**Jum

Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*