Walikota Deri Asta Ajak Masyarakat Bersihkan Saluran Air dan Pasang Talang Air

Walikota Sawahlunto saat meninjau dampak longsor.
Walikota Sawahlunto saat meninjau dampak longsor.

Sawahlunto, Editor.- Dalam kesempatan yang sama, yakni dalam penyerahan bantuan tadi, Walikota Sawahlunto Deri Asta mengingatkan bahwa dengan kondisi topografi Sawahlunto yang kemiringan tanah sangat tinggi sehingga perlu menjadi evaluasi OPD terkait, Pemerintah Desa/Kelurahan, sampai pada masyarakat pemilik rumah.

Artinya kata Walikota Deri Asta, menyikapi  kondisi itu maka harus jelas langkah – langkah antisipasi untuk mencegah agar rumah tidak terdampak longsor.

Walikota Sawahlunto Deri Asta bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan berkolaborasi dengan BAZNas Kota Sawahlunto pada Selasa 15 Juni 2021.

“Sudah jelas bahwa potensi terdampak longsor itu besar bagi kita, karena memang kemiringan tanah sangat tinggi. Oleh sebab itu, kita mengingatkan dan mengajak untuk mengaktifkan kembali gotong royong untuk membuat atau memperbaiki saluran air. Riol – riol yang telah ada itu tolong diaktifkan kembali, kalau butuh riol tapi belum ada tolong dibuat riol,” kata Walikota Deri Asta.

Kemudian untuk masyarakat, Walikota Deri Asta menyampaikan bahwa salah satu langkah antisipasi yang bagus dalam meminimalisir dampak tanah longsor adalah dengan memasang talang air pada atap rumah.

“Intinya, mari kita bersama – sama memastikan tidak ada aliran air yang tersumbat di rumah atau pun di lingkungan sekitar kita. Pemicu tanah longsor paling besar adalah adanya saluran air yang tersumbat ini. Maka itu, sekali lagi kita ajak dan himbau untuk membersihkan saluran air ini,” ajak Walikota Deri Asta.**Leo/Hms

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*