Wako Solok dan Wako Toyohashi, Jepang Tandatangani MoU Kedua

Foto bersama usai Mou.
Foto bersama usai Mou.

Solok, Editor.-  Walikota Solok Zul Elfian dan WaliKota Toyohashi Jepang Koichi Sahara menandatangani Memorandum of Understanding (MoU)/ Nota kesepahaman tahap kedua, dalam rangka peningkatan layanan penyediaan air bersih di Kota Solok, bertempat di Lobby Lantai II Balaikota Solok, Selasa (20 /8 ).

Hadir pada kesempatan itu rombongan Wali Kota Toyohashi Jepang, Masaki Makino, Kazunori Asekawa, Noboyoshi Fuji, Mashiro Ito, serta penterjemah Rudi Darmawan dan Ferdinan, serta Forkopimda Kota Solok, Dirut PDAM Kota Solok Rabby Luski, LKAAM dan Bundo Kanduang Kota solok, beserta Asisten dan para kepala OPD di lingkup Pemerintahan Kota Solok.

Seusai penandatanganan MoU Wako Solok Zul Elfian mengatakan, dengan kehadiran rombongan Walikota Toyohashi Jepang telah berhasil menambah semangat, inspirasi dan motivasi serta memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat Kota Solok, terutama dalam bidang air bersih.

Zul Elfian memaparkan, Toyohashi adalah salah satu kota besar di jepang dengan prestasi yang mengagumkan. “Penandatanganan MoU ini adalah hal yang sangat berharga bagi Kota solok dan sangat pantas untuk kami syukuri,” ujar wako.

Lebih lanjut dikatakan Zul Elfian, pada tahap pertama kita telah melaksanakan kerja fisik. Kota Toyohashi dengan tim teknisnya telah memberikan bimbingan kepada kami di Kota solok, sehingga tenaga teknis kita di Kota solok telah memiliki sertifikasi internasional dalam mengelola air bersih ini.

“Sekarang ini masyarakat Kota Solok telah merasakan manfaat air bersih. Oleh karena itu sudah jarang sekali masyarakat menyampaikan keluhan. Untuk  kedepannya, dalam peningkatan kapasitas air bersih untuk sampai ke rumah sangat diperlukan, karena perumahan yang sangat meningkat di Kota solok membuat permintaan air bersih makin meningkat,” sebutnya.

Kemarin, rombongan juga sudah meninjau IPAL di KTK dan langsung meminum air olahan Sungai Batang Lembang. Itu adalah bukti keberhasilan kerjasama yang telah kita lakukan selama ini.

“Kedepannya, kita tentu mengharapkan air olahan Sungai Batang Lembang sudah bisa menjadi air bersih siap minum,” ujar wako.

Zul Elfian juga mengucapkan terimakasih atas keberhasilan kerjasama tahap pertama dan hasilnya sudah sama-sama dirasakan. Terimakasih juga kepada JICA yang telah memfasilitasi kelanjutan kerjasama tahap kedua ini.

“Kedepan, kita berharap tidak hanya sektor penyediaan air bersih, namun juga dibidang pertanian, pendidikan dan sektor lainnya. semoga kerjasama kedepan lebih sukses lagi,” ucap wako.

Sementara itu, Wali Kota Toyohashi Koichi Sahara menyampaikan, kerjasama kita yang telah dilakukan akan bisa menambah pengetahuan tenaga teknis penyediaan air bersih di Kota Solok ini. Tentunya, ketersediaan air bersih yang layak minum adalah harapan kita bersama.Untuk kerjasama tahap kedua, kita akan membawa pihak spesialis untuk hadir menyempurnakan kerjasama ini.

“Saya juga mengharapkan seperti kerjasama tahap pertama, seluruh elemen terkait bersama-sama menyukseskan kerjasama tahap kedua ini. Kami akan berusaha keras bekerja dan mentransfer ilmu. Mari bersama kita menyukseskan kerjasama ini  Terimakasih kepada pemerintah Indonesia pada umumnya dan Kota solok khususnya, semoga kedepan kerjasama kita semakin erat dan tujuan kerjasama kita akan dapat tercapai,” sebutnya. ** Suhardi Syam

686 Total Dibaca 3 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*