Wakil Bupati Zuldafri Darma Serahkan Bantuan Sosial Tunai di Kantor Pos Batusangkar

Wakil Bupati Zuldafri Darma menyerahkan Bantuan Sosial Tunai di Kantor Pos Batusangkar.
Wakil Bupati Zuldafri Darma menyerahkan Bantuan Sosial Tunai di Kantor Pos Batusangkar.

Tanah Datar, Editor.- Wakil Bupati Zuldafri Darma menyerahkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak pandemi Covid-19 bertempat di kantor Pos Batusangkar,.Kamis (14/5).

Pada kegiatan yang juga dihadiri oleh Forkopinda,Sekda Irwandi dan kepala OPD terkait tersebut, Wakil Bupati Zuldafri Darma mengatakan, bantuan tersebut sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah untuk mengurangi beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda.Penduduk Tanah Datar lebih kurang 100.000 KK. Sampai saat ini yang dibantu baik melalui dana pusat, provinsi, kabupaten dan dana nagari hampir mendekati 50.000 KK, yaitu hampir  50 persen KK  yang ada di kabupaten Tanah Datar  dibantu.

“Pendistribusian yang dilakukan hari ini dari BST Kemensos sebanyak 1 bulan dengan nilai Rp. 600.000,- per KK  kemudian  dilanjutkan  dari dana provinsi, kabupaten dan dana desa.Untuk itu kita menghimbau bersama-sama forkompida dan PT. Pos Indonesia agar masyarakat bersabar menunggu pencairan secara bergiliran,” ungkap Zuldafri Darma

Selanjutnya Wabup menjelas, dipastikan yang telah terdata seluruhnya akan mendapat bantuan. Pendistribusian bantuan  ini bukan disengaja diperlambat namun karena  ada mekanisme yang harus dilalui, bantuan yang disalurkan ini adalah bulan pertama, jika sudah tersalurkan semua akan dilanjutkan ke bulan berikutnya.

Untuk bagi masyarakat yang menerima bantuan ini agar memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya dan utamakan untuk  memenuhi kebutuhan yang penting dan jangan dipergunakan  untuk hal-hal yang tidak terlalu bermanfaat.

“Pada kesempatan ini kami atas nama pimpinan daerah bersama Forkopinda mengucapkan terima kasih kepada Kemsos dan juga pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang telah memberikan bantuan yang disalurkan melalui kantor Pos Padang Panjang dan Tanah Datar  dab juga  nantinya  melalui BNI, BRI dan Bank Nagari,” ujar Wabup.

Sementara itu Kadis Sosial dan PPPA Yuhardi menjelaskan, BST Kemensos berjumlah 14.643 KK, didistribusikan melalui PT. Pos Indonesia sebanyak 13.957 KK, melalui BRI 574 KK dan BNI 112 KK,  BST Provinsi Sumatera Barat untuk 8.585 KK juga akan disalurkan melalui PT. Pos Indonesia sementara BST Kabupaten Tanah Datar sebanyak 17.372 KK yang didistribusikan melalui Bank Nagari Cabang Batusangkar.

“Bantuan Sosial Tunai Kemensos, Pemprov Sumatera Barat dan Pemkab Tanah Datar masing-masing sebesar Rp.600.000 setiap bulan untuk 3 bulan ke depan, sedangkan Program Keluarga Harapan (PKH) dan penerima Sembako, tidak menerima bantuan ini,” ujar Yuhardi.

Kepala Pos Padang Panjang Hamdani didampingi Kepala Pos Batusangkar Yusuf  dalam penyerahan bamtuan BST mengatakan, penerima bantuan akan dihubungi oleh Pos Batusangkar melalui pemerintah nagari/jorong masing-masing dan pihak nagari/jorong akan memberi tahu kepada masyarakatnya untuk datang ke Kantor Pos sesuai jadwal yang disepakati. Ini untuk lebih tertib dan menghindari penumpukan masyarakat.

Ada sepuluh kantor pos di Tanah Datar yang  akan melayani pendistribusian BST, masyarakat hanya perlu menunjukan photocopy KTP dan KK, sekaligus verifikasi data dan  rekomendasi, jika dokumennya  lengkap maka  bantuan langsung diterima.Untuk ini kami  berharap adanya  dukungan semua pihak, terutama disiplin dari sipenerima bantuan, mudah-mudahan berjalan dengan lancar,

“Jika ada kendala kondisi geografis atau alasan lainnya pihak nagari bisa mengajukan permohonan kepada pihak Pos yang ditandatangai oleh kelompok masyarakat penerima ,kita berharap mudah-mudahan penyaluranb ini berjalan lancar dan bisa selesai menjelang lebaran”  ujar Hamdani

Hari pertama tadi sudah dilayani 2 kelompok masyarakat dari jorong di Nagari Cubadak Lima Kaum sebanyak 25 orang dan Nagari Rao-rao Sungai Tarab 28 orang. ** Jum

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*