Wabup Padang Pariaman Rahmang Resmikan Penggunaan Balairung Adat Nagari Tandikek

Wabup Padang Pariaman Rahmang menggunting pita menandai peresmian balairung adat Nagari Tandikek.
Wabup Padang Pariaman Rahmang menggunting pita menandai peresmian balairung adat Nagari Tandikek.

Tandikek, Editor.– Balairung adalah balai desa bagi orang Minangkabau di Sumatera Barat, memiliki arsitektur yang sama dengan bentuk rumah gadang. Jika rumah gadang merupakan bangunan yang utuh, balairung adalah bangunan dengan struktur seperti pendopo yang digunakan untuk mengadakan musyawarah mufakat dalam masyarakat Minang.

Nagari Tandikek Kecamatan Patamuan – yang mewakili Padang Pariaman dalam Penilaian Kerapatan Adat Nagari (KAN) Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2021- berupaya melestarikan musyawarah mufakat dalam masyarakat Minang dengan mendirikan balairung adat Nagari Tandikek. Penggunaannya dibuka secara resmi Wabup Padang Pariaman Drs. Rahmang, MM di Pasar Tandikek, Kamis (21/10).

“Saya mengapresiasi Nagari Tandikek yang terus berupaya melestarikan adat dan budaya masyarakat Minang yang mengedepankan musyawarah untuk mufakat. Mudah-mudahan ini akan terus dijaga oleh generasi penerus nantinya,”ujar Wabup Rahmang pada sambutannya.

Wabup Rahmang juga menyampaikan, penyambutan tamu dengan tari galombang diiringi dengan Gandang Tasa sangat penting.

“Ini berarti kita telah melestarikan adat, seni dan budaya, mari kita junjung tinggi nilai adat dan budaya sekaligus melestarikan adat dan budaya yang punya filisopi adat basandi syarak, syarak basandi Kitabulah,” tuturnya.

Sehubungan KAN Nagari Tandikek sudah dinilai tim Provinsi Sumatera Barat, Wabup Rahmang mengajak masyarakat mendoakan semoga berhasil keluar sebagai pemenang.

Pada kesempatan itu Wabup Rahmang tidak lupa mengingatkan masyarakat untuk ikut divaksin dalam Gebyar Vaksinasi yang sedang giat-giatnya dilakukan Pemkab Padang Pariaman bekerjasama dengan dinas/instansi terkait lainnya.

“Kita harus terus berupaya meningkatkan jumlah masyarakat yang divaksin. Untuk itu kami himbau masyarakat secepatnya melaksanakan vaksinasi. Mari kita sukseskan program pemerintah ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Padang Pariaman,” tuturnya.

Ketua panitia pembangunan Bujang Pandawa, SE menjelaskan, pembangunan balairung itu terlaksana berkat kerja sama dan swadaya semua elemen masyarakat.

“Tujuannya untuk meningkatkan dan melestarikan fungsi adat dan budaya di Nagari Tandikek. Adalah suatu kebanggaan menciptakan tokoh adat yang berwawasan adat basandi syarak, syarak basandi Kitabulah. Mari bersama-sama kita tingkatkan fungsi adat di masyarakat,” tutur Bujang Pandawa mantan anggota DPRD Padang Pariaman dari Partai Golkar ini.

Peresmian Balairung Adat Nagari Tandikek ini juga dihadiri Ketua DPD Partai Golkar Padang Pariaman Asmadi, S.IP, Plt Kepala DPMPTP Padang Pariaman, Alfian, S.IP, M.Si, Kabag Perekonomian, Mulyadi, SP, MM, Camat Patamauan, Imran Rafi,i, S. Sos, MM, Wali Nagari Saharudin, niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai dan pemuda-pemudi Nagari Tandikek. ** Rafendi/Humas

48 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*