Wabup Agam Trinda Farhan Terpapar Covid 19

Wabup Agam Trinda Farhan Satria.
Wabup Agam Trinda Farhan Satria.

Lubuk Basung, Editor.- Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria memberikan penjelasan resmi pasca dinyatakan positif terkonfirmasi Covid 19, Senin (7/9)

“Ini perlu dijelaskan, sebelum hari ini, berdasarkan uji swab sebelumnya, pada Senin (31/8) lalu sudah keluar hasilnya negatif, ” ujarnya saat dihubungi Senin (7/9) siang.

Namun pada Selasa hingga Kamis (1-3/9), dirinya melakukan perjalanan ke Jakarta, berkemungkinan terpapar pada saat melakukan perjalan tersebut.

“Hari Selasa sampai Kamis saya harus ke Jakarta, berkemungkinan terpapar di pesawat, ” katanya.

Sebelum dinyatakan terinfeksi Covid 19, Trinda Farhan Satria sempat ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam untuk menyerahkan berkas pendaftaran sebagai calon kepala daerah.

Dijelaskan,  Jum’at (4/9) pagi dirinya melakukan swab. Pulang dari Jakarta Trinda Farhan Satria fokus melakukan persiapan pencalonan di KPU Agam.

“Baru tadi malam dapat berita, bahwa hasil swab saya positif, ” ungkapnya Wabup.

Sebelum dinyatakan terkonfirmasi Covid 19, dia telah berusaha untuk menaati protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan setiap beraktivitas.

“Kemudian saat berbicara di publik selalu menyemprot microphone dengan handsanitizer, juga saat sesudah dan sebelum bersalaman, saya antisipasi dan jaga betul, ” ucapnya.

Dalam kondisi pandemi ini, imbuhnya, siapa saja berkemungkinan terpapar Covid 19. Upaya seperti menaati protokol kesehatan Covid 19 dapat membuat seseorang lebih waspada.

Trinda Farhan Satria menilai adanya dilema yang terjadi saat pemberlakuan New Normal, yakni antara penyebaran Covid 19 dan dampak perekonomian. Konsekuensinya, menaati protokol kesehatan menjadi suatu keharusan.

“Kita sudah berusaha, terkadang masih bisa terpapar juga, setidaknya kita sudah melakukan antisipasi dan waspada dari kemungkinan terpapar Covid 19,” jelasnya.

Di tempat terpisah saat dihubungi pula Ketua Harian GTP2 Covid 19 Kabupaten Agam Drs H Martias Wanto, MM Dt Maruhun, membenarkan info tentang Wabup Agam Trinda Farhan Satria terpapar wabah coronavirus Civid 19 asal Wuhan China itu.

Martias Wanto-selaku Ketua Harian GTP2 Covid 19 Kabupaten Agam-langsung memerintahkan tim kesehatan melakukan pengecekan terhadap kondisi kesehatan Wabup Agam, katanya.

Disebutkan, berdasarkan hasil pemeriksaan, dinyatakan kondisi Wabup Agam dalam keadaan cukup baik.

“Alhamdulillah, tadi pagi langsung antisipasi segera, cek labor dan Alhamdulillah hasilnya secara umum kesehatan beliau baik baik saja, ” tuturnya.

Selain terhadap Wabup Agam, Martias Wanto juga memerintahkan tim kesehatan untuk melakukan uji swab terhadap seluruh orang yang berada di Rumah Dinas (Rumdin) Wabup Agam, termasuk anggota keluarga.

Sedangkan untuk memutus rantai penyebaran Covid 19, juga dilakukan penyemprotan disinsfektan di Rumdin Wabup Agam dan Kantor KPU Agam.

“Selanjutnya tim kesehatan juga melakukan tracing terhadap orang yang berkontak langsung,” pungkas, Ketua Harian GTP2 Kabupaten Agam Martias Wanto.** Obral Chaniago

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*