UPT-P3 Padang Bakal Luncurkan “Samsat Night”

Padang, Editor.- Banyak cara yang bisa dilakukan Pemprov Sumbar dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) setiap tahunnya, terutama di sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Salah satu diantaranya yang terbaru dan bakal dioperasionalkan dalam waktu dekat adalah, Samsat Night oleh Kantor Unit Pelaksana Teknis-Pelayanan Pendapatan Provinsi (UPT-P3) di Kota Padang.

Menurut Kepala UPT-P3 Kota Padang Jaya Isman Arifin, SE, MM, terobosan baru itu tak lain dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor. “Kalau selama ini, kita bisa melayani masyarakat dalam membayar pajak di siang hari, nanti sudah bisa dilayani pada malam hari melalui program samsat night,” kata Jaya Isman di Padang, Sabtu (11/11).

Selama ini, lanjut Jaya Isman, kemudahan yang diberikan UPT-P3 Kota Padang dalam membayar pajak, berupa pelayanan  drive thru (membayar pajak dari atas kendaraan), samsat corner (membayar pajak di pojok di mall), samsat anywhere (membayar pajak bukan berdasarkan domisili kendaraan, bisa dilakukan lewat anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Nagari saja.

“Ke-empat layanan ini hanya bisa diberikan kepada masyarakat wajib pajak terbatas pada siang hari saja, sedang malamnya tidak. Beda dengan samsat night, dimana masyarakat wajib pajak bisa dilayani pada malam hari. Rencana nanti, layanan samsat night ini akan dibuka dekat kawasan pusat perbelanjaan Transmart Padang, di Jalan Khatib Sulaiman,” ucap Jaya Isman.

Menyinggung tentang realisasi penerimaan PKB-BBNKB lewat kantor UPT-P3 Padang, menurut Jaya Isman, pihaknya sudah berhasil merealisasikan penerimaan dari Januari hingga Oktober sebesar Rp 556, 378 miliar dari target Rp 497, 471 miliar. “Artinya telah tercapai 111, 89 persen dari target yang dibebankan kepada kami,” katanya.

Diakuinya, tingginya realisasi penerimaan itu antaalain disebabkan karena kesadaran masyarakat wajib pajak sudah semakin tinggi. Kemudian, para wajib pajak di daerah ini sudah malu untuk tak bayar pajak. Ditambah lagi, adanya beberapa inovasi pelayanan pembayaran pajak yang telah dilakukan Provinsi Sumbar sehingga memudahkan mereka dalam membayar pajak.

Disebutkannya, dari data sampai Oktober, dari target penerimaan pajak  kendaraan bermotor baru tahun ini sebesar Rp 46, 753 miliar, sudah terealisasi Rp 49, 267 miliar. Sedangan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) baru dari target Rp 281, 1000 miliar, terealisasi Rp 320, 804 miliar.

Begitu pula dengan penerimaan dari daftar ulang pajak kendaraan bermotor (PKB) dari target  Rp159, 172 miliar, terealisasi Rp 174, 717 miliar.  BBNKB daftar ulang dari target Rp 2, 021 miliar terealisasi Rp 2,355 miliar. Penerimaan dari  PKB non BA dari target Rp 6,802 miliar, terealisasi Rp 7, 323 miliar dan BBNKB non BA dari target Rp1, 622 miliar, realisasi Rp 1,820 miliar. Penerimaan dari pajak alat berat terealisasi Rp 89. 174.400.

Jaya Isman berharap samsat night ini nantinya mendapat dukungan dari DPRD Sumbar, karena berdirinya pelayanan itu butuh sarana dan personel yang akan memberikan dukungan. Bagi PNS, tentu jadwal kerja pada samsat night tersebut bukan jam kantor lagi, tapi sudah masuk lembur. Tentunya, harus ada insentif yang diberikan pada petugas yang bekerja. Dananya tentu perlu dibicarakan dengan DPRD. **  Martawin

1093 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*