Upiak Isil, Dikerdipnya Aku

Pariaman, Editor.- Bila disebut Silvia Nanda, boleh jadi asing di telinga penggemar musik Minang. Namun bila disebut Upiak Isil, langsung familiar di telinga pencinta musik Minang. Siang itu, Editor bersua dengan Isil, diantara kerumunan penggemarnya yang berebut minta berphoto, menjelang finis Etape 6 Tour de Singkarak 2016 di Pantai Gandoriah. Lalu berbincang singkat.

Salah satu lagu yang sempat melambungkan nama Upiak Isil, adalah “Dikedipnya Aku” versi album genre lawak Minang Basitagang. Lirik lagu ini tak hanya bisa mengocok perut, namun juga diperkuat video klip yang lucu dan menarik.

Upiak Isil selaku penyanyi sekaligus pameran video klip ini, berdandan ala salah seorang diva Indonesia, Rosa, berjalan di pinggir jalan.Awalnya tak ada yang aneh, namun suasana berubah ketika salah seorang pengunjung mengerdip Upiak Isil yang mengenakan gaun merah.

Selain Dikedipnya Aku, Upiak Isil juga membawakan lagu Tak TunTuang, Numpang Lalok, Gata-gata dan sejumlah karya lainnya. Ya, semuanya dibawakan sesuai ciri khas Upiak Isil nan menggoda. Unsur humor, jadi daya tariknya.

Bukan perkara mudah bagi Upiak Isil bisa berhasil seperti sekarang. Dia harus memulai karir dengan tampil sebagai artis ‘orgen tunggal’ dari pesta ke pesta. Setiap honor yang didapatkan, dia tabung. Selain untuk masa depan, tabungan itu untuk biaya pendidikan.

Dari perjalanan hidup itulah, album demi album ditelurkannya. Album perdana Upiak Isil berjudul Bang Toni, langsung membuat namanya melejit. Waktu itu, Upiak Isil baru duduk di bangku kelas 4 SD. Di album ini, juga tampil Rani Sagita dan Rika Malik.

Setelah lama bekerja keras dari panggung ke panggung, akhirnya dia dipertemukan dengan penyanyi senior, seperti Edi Cotok dan Odi Malik.Begitu jugaNedi Gampo, Opetra, RemonKuantan hingga mendiang Ajo Andre. “Banyak senior yang mendorong karir saya, jelas tidak akan saya lupakan,” ungkapnya.

Sejak itulah nama Upiak Isil mulai jadi perbincangan. Maklum, Upiak Isil termasuk artis multitalenta.Tak sekadar menyanyi, dia juga bisa menciptakan lagu, sekaligus menyanyikan lagu orang.

Diantara artis yang pernah membawakan lagunya, tersebutlah Indi SS. Dia pernah menyanyikan lagu Denai Manangih Uda Galak, ciptaanUpiak. Begitu pula lagu Rindu Terlarang yang dipopulerkan Mefri Marse.

Seakan belum puas, kini Upiak Isil “naik kelas” jadi produser. Setidaknya, empat album telah dirampungkan RS Production miliknya. ** Wisja

3441 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*