UNP Anuggerahi Doktor Honoris Causa (Hc) Kepada Muhammad Jusuf Kalla

Rektor UNP Prof Ganefri saat konferensi Pers

Padang, Editor.- Setelah sukses dengan acara pemberian gelar anugrah Doktor Honoris Causa (HC) kepada Anwar Ibrahim dan Megawati, Universitas Negeri Padang sebagai salah satu Perguruan Tinggi LPTK di Indonesia, kembali memberikan anugrah  Doktor Honoris Causa (HC) kepada Muhammad Jusuf Kalla pada 5/12/2019 mendatang.

Hal ini disampaikan Rektor UNP Prof. Ganefri PhD., dalam Komprensi Pers di Ruang Sidang Rektor UNP Padang. Menurut dia, Jusuf Kalla dinilai dan dipandang sebagai seorang tokoh penggagas, pejuang dan pengawal mutu pendidikan di Indonesia.

Menurut Genefri, melalui kebijakan, kiprah dan komitmen Muhammad Jusuf Kalla sebagai tokoh yang memiliki kepedulian pada mutu pendidikan, telah banyak bukti nyata dan imbasnya terhadap mutu penndidikan, dalam rangka membangun peradaban bangsa untuk mengejar ketertinggalan, agar sejajar dengan negara lain, yang lebih dulu maju pendidikanya.

Pada kesempatan ini Genefri juga menyampaikan, Muhammad Jusuf Kalla berperan dalam penjaminan mutu di LPTK, diantaranya suksesnya pelaksanaan UN (Ujian Nasional) yang berdampak pada mutu output lulusan sekolah menengah yang diterima di perguruan tinggi (PT). Karena nilai UN dijadikan salah satu pertimbangan menentukan penerimaan mahasiswa baru di PT, sehingga konsekuensinya sebagai LPTK seperti UNP berupaya mempertahankan dan meningkatkan mutu lulusanya (output) berupa calon yang akan mengajar di sekolah.

Dalam menganugerahkan gelar doktor kehormatan kepada Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, UNP sudah mengajukan surat pengusulanya ke Dirjen Sumber Daya dan IPTEK Dikti pada awal september 2019 lalu dan hasilnya disetujui. Sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 65 tahun 2016. Untuk itu, Rektor UNP didampingi Prof. Sufiarma Marsidin, M.Pd selaku salah seorang promotor, Dr. Erianjoni, M.Si Staf Ahli Rektor dan Muhammad Isa Gautama, M.Si Staf Ahli Wakil Rektor IV, menyampaikan amanat senat UNP yang menyetujui dan merekomendasikan penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa di bidang Penjaminan Mutu Pendidikan, serta persetujuan yang sudah didapat dari Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dirjen Sumber daya dan IPTEK Dikti.

Ganefri  juga mengemukakan, gelar Doktor Honoris Causa bagi Jusuf Kalla sudah diterima dari dalam maupun luar negeri, meliputi berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia serta University of Malaya Malaysia (2007), Soka University Jepang (2007), dan Raja Mangala University of Technology Thailand pada tahun 2017 lalu.

Menurut rencana, prosesi penganugerahan Dr. HC. kepada Muhammad Jusuf Kalla akan dilaksanakan pada tgl 5/12/2019, dalam agenda Rapat Senat Universitas terbuka yang akan dihadiri oleh berbagai tokoh nasional, katanya. **Herman

Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*