Tingkatkan Mutu Pendidikan Untuk Menghadapi Persaingan Global

Limapuluh Kota, Editor.- Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, bertindak sebagai pembina upacara, pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di GOR Singa Harau, Senin (2/5). Sekaligus  Bupati membacakan amanat tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan.

Dalam sambutannya Mendiknas mengatakan, pemerintah menekankan pentingnya mengangkat kualitas manusia melalui pendidikan, sebagai upaya menghadapi persaingan global. “Presiden Jokowi menggariskan, bahwa Indonesia akan menjadi bangsa, yang disegani dunia, dalam berbagai persaingan dan kompetisi sumber daya manusia,” kata Menteri dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan Irfendi Arbi.

Mutu dan jenjang pendidikan, katanya, berpengaruh besar terhadap ruang kesempatan untuk maju dan sejahtera. Oleh sebab itu, pemerintah harus memastikan setiap manusia di Indonesia mendapatkan akses pendidikan yang bermutu. Revolusi tekhnologi akan menjadi lompatan perubahan yang akan berpengaruh terhadap cara bekerja dan belajar.

Oleh karena itu, pemerintah harus terus memberi dukungan penuh kepada seluruh anak didik dan masyarakat guna menjawab semua tantangan secara nasional dan global. Ada tiga komponen pendidikan yang musti diperbaiki, katanya, yakni kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kopetensi.

“Adapun karakter, terdiri dari dua bagian. Pertama, karakter moral. Yang kedua, karakter kinerja. Terakhir, yang tak kalah pentingnya adalah komponen kompetensi. Adalah tanggungjawab kita bersama untuk memberi ruang, bagi seluruh-anak-anak Indonesia dalam pengembangan pendidikannya,” tulis Mentri . ** Yus

762 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*