Terkait Normalisasi Sungai Batang Lengayang, Minta Zarfi Deson Memriotasitaskan ke Pemrov Sumbar

Peninjauan normalisasi Batang Lengayang.
Peninjauan normalisasi Batang Lengayang.

Kambang, Editor.- Jajaran pemerintah nagari Kambang Utara beserta Badan Musyawarah Nagari setempat meminta Anggota DPRD Sumbar, Zarfi Deson, untuk segera memprioritaskan penanganan normalisasi Sungai Batang Lengayang untuk mengantisipasi banjir yang sering melanda nagari di Lengayang itu.

“Akibat curah hujan yang tinggi Di Kampung Akad banjir sering melanda nagari kami, seringkali warga nagari Kampung Akad dirugikan akibat banjir, bukan hanya rumah yang rusak, hewan ternak warga pun juga ikut hanyut oleh air bah yang datang tiba-tiba,” ujar Walinagari Kambang, Utara Ulsabri kepada media ini, Rabu (28/9/2022).

Menurutnya hal itu merupakan kewajiban pemerintah provinsi karena proses penanganannya membutuhkan alokasi anggaran yang besar. Untuk itu pada pekan lalu, Anggota DRPD Sumbar dari Partai Golkar itu diminta meninjau lokasi hulu Sungai Batang Lengayang yakni ke Kampung Akad, Kenagarian Kambang Utara, Lengayang-Pessel.

Secara terpisah, hal itu dibenarkan oleh Zarfi Deson, Anggota Komisi III DPRD Sumbar itu kepada media ini, Rabu (28/9) siang.

Zarfi Deson mengungkapkan jika banjir datang melanda dirinya memang cukup prihatin dengan kondisi warga yang terkena musibah, karena selain kondisi rumah warga yang rusak tersapu banjir, binatang ternak juga yang hanyut juga merugikan warga.

“Untuk pengecekan kelapangan, pekan lalu saya menyempatkan diri mengunjungi lokasi hulu Sungai Batang Lengayang yang berada di Kampung Akad, Kambang Utara. Disana hadir waktu itu

Plt Camat Lengayang, Wali Nagari dan Bamus. Jajaran Pemerintah Nagari dan tokoh masyarakat mengharapkan saya memperjuangkan percepatan penanganan normalisasi Sungai Batang Lengayang,” terang Zarfi Deson. ** Agusmardi

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*