Study Komperatif Wartawan Bukittinggi Ke Pemko Jakpus dan MNC Media Jakarta

Jakarta, Editor.- Wartawan berbagai media baik cetak televisi  maupun media online yang bertugas serta bermitra dengan Pemko Bikittinggi didampingi asisten II H.Ismail Djohar serta Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Bukittinggi dengan beberapa orang staff melaksanakan Study Komperatif Kamis (13/12) ke Pemko Jakpus serta MNC Media Jakarta.

Dalam studi komparatif, rombongan dari Kota Bukittinggi diterima di gedung pertemuan Kantor WaliKota Jakarta Pusat oleh Bagian Humas Suku Dinas Komunikasi dan Informasi Pemko Administrasi Jakarta Pusat.

Berbagi cendera mata.
Berbagi cendera mata.

Selaku pimpinan rombongan, Asisten II Ismail Djohar dan Kabag Humas  Yulman Yudhistira mengucapkan terima kasih kepada Bagian Kominfo Pemkot Jakarta Pusat beserta jajaran yang telah menerima rombongan studi komparatif dengan baik dan senang hati, dengan doa dan harapan semoga dengan adanya study komperatif ini kita banyak mendapatkan informasi untuk kemajuan kota serta peranan wartawan dalam pemberitaan sebagai corong informasi bagi masyarakat.

“Atas nama rombongan, kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Bagia Kominfo  beserta jajaran yang telah menerima kami dengan baik dan senang hati, dengan doa dan harapan perbuatan baik ini bernilai amal shaleh di sisi Allah SWT”, kata Ismail Djohar

“Tujuan kami kemari, disamping bersilaturrahim, adalah untuk studi komparatif. Artinya, kami ingin belajar banyak kepada aparatur Bagian Kominfo  Pemkot Jakpus tentang cara dan kiat yang dilakukan dalam membina kerja sama dengan wartawan dalam mengendalikan berita dan menginformasikan berbagai kegiatan yang dilaksanakan Pemkot Jakpus.

Memenuhi harapan rombongan studi komparatif dari Bukittinggi  Kabag Kominfo, ST Kristianto mengatakan semua kebijakan  dilakukan oleh Pemerintah Propinsi DKI Jakarta dalam membina kerja sama dengan wartawan, antara lain melalui penerbitan advetorial, analisis media masa, mengadakan pertemuan dengan redaktur dan pimpred, berlangganan media cetak, melaksanakan jumpa pers empat sampai enam kali dalam sebulan serta melaksanakan sosialiasasi melalui radio dan TV. Kami cuma sebagai pejabat Administratif di berbagai pemerintahan kota yang ada di Propinsi DKI Jakarta ini.

Penyerahan cenderamata.
Penyerahan cenderamata.

Sedangkan untuk menginformasikan berbagai kegiatan yang dilaksanakan Pemko Jakpus kepada masyarakat luas, Kominfo mempunyai beberapa orang  pegawai honor yang bisa meliput kegiatan dan menulis berita serta beberapa orang  sebagai fotografer. Dan dalam menangani berita yang agak serius, maka kami akan mengolah data,  menganalisa serta setiap minggu kami kumpul bareng dengan wartawan untuk memperbincangkan berbagai hal demi kemajuan kota.

“Berita yang ditulis oleh  pegawai honor dan kegiatan yang didokumentasikan oleh fotografer, tidak hanya dimasukan ke website Jakpus, tapi juga direalisasikan ke berbagai media masa dan media online. Baik pers release maupun e-kliping yang bisa dengan mudah di akses oleh para wartawan untuk disebarluarkan melalui pemberitaan. Pegawai honor yang bisa meliput dan menulis berita itu, ada yang direkrut dari jurnalis, ada yang mantan pegawai Departemen Penerangan, ada yang sengaja ditempa menjadi jurnalis dengan cara diikutsertakan dalam berbagai pelatihan,” jelas ST Kristianto.

Diakhir pertemuan, Asisten II Ismail Djohar,  Kabag Humas, Yulman Yudhistira saling memberikan cindera mata dengan Kabag Kominfo Jakpus ST Kristianto .

Dalam kunjunan berikutnya ke MNC Tower di Jl Kebon Sirih Jakarta Pusat Rombongan Wartawan Bukittinggi di sambut oleh Ka Dept Peliputan Daerah MNC Group Rijanto Witjaksono didampingi Roy Putranto, Production House iNews khoiri Akhmadi, Manager Current Affair Nabil, Direktur Pemberitaan David.

Selaku kepala rombongan Asisten II Ismail Johar didampingi Kabag Humas Yulman mengucapkan terima kasih atas keluangan waktu dan tempat kepada Pihak MNC Group yang telah memfasilitasi Rombonfan untuk dapat saling bertukar informasi mengenai pemberitaan serta pengembangan media dimasa mendatang dalam menyambut era digital ini.

Dalam sambutannya pihak MNC Group sangat Apresiasi sekali dengan kunjungan Wartawan baik cetak televisi maupun online ke MNC Media. MNC Group adalah satu-satunya group yang bergerak di semua lini baik Media cetak, Telivisi maupun Online dan Radio serta beberapa Finance,  Properti serta usaha keuangan lainnya.

Dalam menyonsong era digital kita harus tanggap dan bertindak cepat dan akurat agar berita tersaji cepat dapat di terima masyarakat di seluruh penjuru Indonesia. Dengan melibatkan seribu awak media yang tersebar di seluruh nusantara. Hal tersebut disampaikan oleh kepala Dept Peliputan Daerah Rijanto Witjaksono kepada rombongan.

Usai pertemuan rombongan diajak untuk melihat aktivitas para pengolah berita di berbagai departemennya baik penyiaran maupun di studio pemberitaan. Semua terlihat  sibuk dengan tugasnya masing-masing, dan tampak begitu profesional dalam menyajikan berita maupun hiburan bagi masyarakat. ** Erdion Nimli

1382 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*