Shalat Ied Pasca Pandemi Masjid Raya di IKK Padang Pariaman Penuh Sesak

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur Dt. Putiah, SE, MM menyampaikan sambutan di depan jemaah yang membludak.
Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur Dt. Putiah, SE, MM menyampaikan sambutan di depan jemaah yang membludak.

Parik Malintang, Editor – Untuk pertama kalinya digunakan untuk shalat Idul Fitri semenjak Pandemi Covid-19, Masjid Raya IKK (Ibu Kota Kabupaten) yang berada di Korong Pasa Dama Nagari Parik Malintang Kecamatan Anam Lingkuang penuh sesak oleh jemaah yang datang dari berbagai penjuru Padang Pariaman, Senin (2/5).

Bertindak sebagai Khatib Prof. Dr. H. Duski Samad, M.Ag. Tuanku Mudo dan sebagai Imam Tuanku Dahlan, S.PdI.

Terlihat hadir dalam shalat Ied tersebut, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur beserta keluarga, Wakil Bupati Rahmang bersama keluarga, Sekdakab Rudy Repenaldi Rilis bersama keluarga serta kepala OPD dan camat se-Kabupaten Padang Pariaman, Wali Nagari dan tokoh masyarakat Parik Malintang.

Sebelum shalat Ied, Bupati Padang Pariaman berkesempatan menyampaikan sambutan singkat di hadapan para jemaah.

Di samping menyampaikan permohonan maaf atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah di hari kemenangan, ia juga menginformasikan sekelumit hasil yang dicapai selama satu tahun kepemimpinan Suhatri Bur dan Rahmang.

“Semenjak dilantik tanggal 26 Februari 2021 lalu, mungkin kami belum bisa berbuat banyak untuk kemajuan Kabupaten Padang Pariaman. Karena, pada masa itu daerah kita masih dilanda pandemi Covid-19 dan Pemerintah Pusat melakukan refocusing atau melakukan penyederhanaan terhadap penggunaan anggaran pembangunan di Daerah,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa telah menetapkan Visi dan Misi pembangunan untuk lima tahun ke depan, yaitu Padang Pariaman Berjaya sebagaimana tertuang dalam Peraturan Daerah nomor 8 tahun 2021, tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Padang Pariaman tahun 2021-2026.

“Visi Padang Pariaman Berjaya merupakan cita-cita dan semangat serta tekad Kabupaten Padang Pariaman untuk menjadi yang terbaik dalam segala aspek dan menjadi kabupaten terdepan di Provinsi Sumatera Barat,” ujarnya.

Dia menelaskan bahwa Visi BERJAYA mengandung empat kata kunci.

Pertama Unggul Berkelanjutan: Padang Pariaman maju selangkah dibandingkan daerah lain dalam segala hal yang dilaksanakan secara berkelanjutan.

Kedua Religius: Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman yang menjunjung tinggi norma-norma agama, berpegang teguh pada ajaran agama dan menjadikan agama sebagai pondasi dalam kehidupan sehari-hari.

Ketiga SeJAhtera: Kondisi masyarakat Kabupaten Padang Pariaman yang mencapai taraf kehidupan layak dari sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sosial budaya.

Empat BerbudaYA: Kehidupan masyarakat yang mempertahankan nilai-nilai adat dan budaya setempat, sebagai kearifan lokal dan warisan nenek moyang terdahulu.

Diakhir sambutannya, Bupati Suhatri Bur mengharapkan dukungan seluruh masyarakat khususnya perantau. Berupa masukkan dan ide-ide positif untuk kemajuan kampung halaman tercinta.

“Padang Pariaman Berjaya tidak akan terwujud tanpa dukungan seluruh lapisan masyarakat, baik yang berada di kampung maupun di perantauan,” harapnya.

“Check Point Berjaya”

Buya Duski Samad memberi judul khotbah Idul Fitri dengan “Check Point Berjaya”. Artinya, dari mana kita mulai bergerak untuk mewujudkan Padang Pariaman yang unggul berkelanjutan, religius, sejahtera dan berbudaya.

“Dihari pertama Idul Fitri adalah saatnya umat Islam kembali mempersiapkan diri meneguhkan iman dan taqwa menyongsong Kehidupan Berjaya. Ibarat perjalanan antar negara, hari ini kita tengah berada digaris antara dua kehidupan. Kehidupan Ramadhan yang penuh ibadah, penguatan aqidah dan pengalaman sipritualitas yang segera akan kembali pada kehidupan keseharian dengan segenap umat Islam kembali mempersiapkan diri meneguhkan iman,” terang Buya Duski Samad.

Buya mengingatkan bahwa  Visi Padang Pariaman berjaya sulit dapat dicapai apabila imsak (menahan diri dan ketahanan diri, red) pemimpin negeri ini lemah, kalah oleh penjahat masa depan anak cucu di masa datang.

“Bukankah alam lingkungan ini warisan untuk cucu. Dapat dipastikan kerusakan itu terjadi ulah manusia serakah dan gegabah yang tak dapat dicegah oleh pihak pemegang perintah,”jelasnya.

Buya Duski Samad mengatakan, kehidupan berjamaah membutuhkan komando yang jelas dan terarah. Saat rukuk, itidal, sujud, dan bangkit akan bermasalah bila suara komando imam tidak jelas dan makmum tidak mengerti, dan akan kacau jamaah. Kepemimpinan memerlukan sistim komunikasi yang sama antara pemimpin dengan yang dipimpin.

“Ada 6 (enam) bentuk dan pola komunikasi yang dapat mengerakkan perubahan untuk kejayaan. Dengan memberikan pembekalan yang cukup kepada semua pengerak perubahan, untuk dapat memerintah dan memberi pengarahan yang qaulan baligha (jelas dan tegas), qaulan sadida (jujur dan terukur), qaulan karima (mulia dan santun), qaulan maysara (memudahkan), qaulan ma’rufa (diterima publik) dan qaulan layyina (ramah dan ceria),” terangnya.

Di tapal batas menuju kehidupan alam rutinitas dan perjuangan mengapai bahagia perlu diingatkan ke dalam diri dan orang-orang terdekat. Agar terus memastikan bahwa kendali dipegang sendiri (imsak abadi), riyadah berjamaah (hidup bersama dalam kebersamaan) memerlukan pemimpin mengayomi, rakyat yang memuliakan pemimpinannya dan didukung oleh leadership pemimpin yang jelas dalam memberi perintah, tegas dalam aturan, berpihak pada program kerakyatan.

“Menyiapkan landasan dan pedoman kerja yang unggul dan mengawasi setiap sen uang rakyat, adalah prasyarat utama untuk hadirnya Padang Pariaman berjaya. Semoga kita lebih baik, lebih makmur dan lebih bahagia di masa datang. Amin,” tutupnya.

Terkumpul infak Rp9 juta lebih

Sebelum jemaah bubar, Kabag Kesra Setdakab yang juga Pengurus Mesjid Raya IKK Drs. Azwarman, MM mengumumkan hasil kotak infaq dan shadaqah yang diterima pada shalat Ied tersebut sebanyak Rp9.410.000.

“Atas nama pengurus, kami mengucapkan terima kasih kepada semua jemaah atas kehadirannya meramaikan Shalat Ied di Mesjid Raya IKK ini. Semoga semua yang telah diberikan, bermanfaat untuk pengembangan Mesjid Raya yang kita banggakan ini dan dibalas dengan pahala yang berlimpah oleh Allah SWT,” ujarnya. ** Rafendi/Rel

 

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*