Seluruh OPD Diminta Andilnya Dalam Pembangunan Pariwisata

Ketua Komisi V DPRD Sumbar Hidayat
Ketua Komisi V DPRD Sumbar Hidayat

Padang, Editor.- Komisi V DPRD Sumatera Barat sedang membahas revisi Perda Nomor 3 tahun 2014 tentang Rancana Induk pembangunan pariwisata Sumbar.

Ketua Kimosi V DPRD Sumbar Hidayat mengatakan ,dengan adanya perubahan Perda ini hendaknya kedepan setiap Organisasi perangkat daerah (OPD) dipemerintah provinsi turut andil dalam pembangunan pariwisata.

Selururh OPD wajib memberikan kontribusi untuk sektor ini,jangan diberatkan untuk satu OPD saja yaitu Dinas pariwisata, ujar Hidayat belum lama ini di DPRD Sumbar.

Pada proses pembahasan, revisi perda Nomor 3 tahun 2014 merujuk kepada isu strategis sesuai dengan perkembangan daerah yang meliputi pariwisata berkelanjutan, pariwisata berbasis mitigasi bencana dan pariwisata berbasis norma agama serta budaya.

Muatan krusial yang yang disuguhkan pada Ranperda ini,adanya alokaksi anggaran untuk memperbaiki akses untuk menuju tempat wisata. Dalam satu pasal Ranperda ini mengatakan pengembangan sarana prasarana penunjang termasuk akses transportasi, meningakatkan ketersediaan transportasi untuk menuju wilayah destinasi.

Sementara itu Ketua Tim, pembahas revisi Perda Nomor 3 Tahun 2014 Aristo Munandar mengatakan, untuk membangun pariwisata mesti melibatkan seluruh unsur sehingga mampu memberikan dampak positif terhadap pembangunan dan ekonomi daerah.

Menurut Aristo, pariwisata harus menjadi sektor andalan untuk meraup pemasukan daerah. Namun saat ini ia melihat koordinasi dalam memajukan pariwisata antar kabupaten/kota dan provinsi masih kurang optimal,hal ini diperburuk dengan karekteristik masyarakat yang kurang ramah.

Ini akan menjadi kendala tersendiri saat pemerintah melakukan pembangunan pariwisatta, kemudian keramah tamahan masyarakat juga mempengaruhi pengembangan pariwisata, katanya. ** Herman

601 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*