Sejumlah Rumah Wartawan Rusak Parah Akibat Gempa, PWI Pasbar Peduli Serahkan Bantuan

Penyerahan bantuan dari PWI Pasbar.
Penyerahan bantuan dari PWI Pasbar.

Pasbar, Editor.- Luka dan tangis yang mendalam melanda masyarakat Pasaman Barat akibat dampak gempa bumi 25 Februari 2022 lalu, usai  di goyang gempa bermagnitudo 6.2 Skala richter puluhan masyarakat mengungsi, ribuan rumah tinggal rusak , tempat ibadah,  fasilitas infrastruktur bahkan kehilangan harta benda dan  nyawa orang tersayang.

Tak memandang siapa orang nya jika bencana allah sudah datang siapa saja bisa terkena dampaknya , tak pernah dibayangkan oleh lima orang wartawan yang bekerja di Pasaman Barat merasakan musibah gempa yang memporak porandakan rumah tempat tinggal mereka yang tidak bisa lagi ditempati.

Sebanyak lima orang jurnalis yang bertugas di Pasaman Barat harus merasakan kuatnya goncangan gempa tersebut sehingga rumah wartawan dan rumah orang tua  wartawan mengalami sejumlah kerusakan bahkan nyaris tidak bisa ditinggali lagi.

Kelima pekerja dan pemburu berita tersebut diantaranya Wartawan  Harian Umum Posmetro Padang Hendi, Wartawan portal berita Scintia.com Idenfi Susanto, Wartawan Valora.com Robi, Wartawan Maizen dan Wartawan Detiknews.com Yulisman.

Salah seorang Wartawan Koran Harian Umum Posmetro Padang Hendi menceritakan, saat peristiwa kejadian gempa yang melanda Pasbar yang berpusat di gunung talamau saya bersama keluarga alhamdulillah dalam keadaan selamat , saat kejadian saya sempat berlari keluar rumah melalui pintu samping mencari posisi yang aman, sementara istri dan dua orang anak saya saat kejadian sudah tidak dirumah istri mengantar anak – anak kesekolah beruntung allah masih sayang dengan kami.

Namun ia menceritakan , akibat gempa ia khawatir akan kondisi rumah nya yang sudak porak poranda akibat di guncang gempa, rumah saya bagian dalam sudah retak – retak bahkan plafon sunda yang baru siap dipasang ikut ambruk , begitu juga dengan tiang – tiang utama rumah sebagian sudah bergeser dan mengalami retak begitu juga kondisi dinding rumah juga mengalami hal sama retak dan bagian dinding bagian atas sudah ambruk kebawah.

Untuk saat ini keluarga saya ungsikan kerumah sanak saudara yang berada di Jambak sampai kondisi dirasa aman,  ia mengatakan belum tahu akan berusaha pindah dari rumah tersebut yang jelas banyak kenangan maupun perjuangan bersama keluarga dalam perjuangan membangun rumah ini.

Hal senada juga di sampaikan Wartawan Valora.com Idenfi Susanto yang mengatakan, akibat gempa yang mengguncang Pasbar diri nya beserta dalam keadaan selamat beruntung kondisi kejadian masih siang hari jika lah Gempa 6.2 Skala Ricther pada malam mungkin cerita lain lagi, alhamdulillah saya beserta istri dan anak – anak dalam keadaan selamat namun kondisi rumah orang tua dan rumah mertua saya mengalami kerusakan parah hingga saat ini belum kami tempati lagi, untuk sementara keluarga bersama istri dan anak beristirahat dalam tenda bantuan pemerintah.

Sebagai bentuk solidaritas dan merasakan muaibah yang menimpa sejumlah wartawan yang bertuhas di Pasbar Persatuan  Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Pasaman Barat melakukan kunjungan serta menyalurkan sedikit logistik keperluan sehari – hari kepada Wartawan yang terkena dampak musibah gempa tersebut.

Gempa yang melanda Pasaman Barat telah menimbulkan ribuan bangunan rusak dan puluh ribu an  korban terdampak dan harus mengungsi. Termasuk diantaranya sejumlah rekan-rekan wartawan yang menjadi korban.

“Mewakili Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Pasaman Barat, kami datang merasakan dampak musibah gempa yang meluluh lantakan Pasbar yang berpusat di Gunung Talamau sebagai bentuk kepedulian sesama rekan – rekan wartawan di Pasbar semoga musibah ini segera berlalu atas musibah yang menimpa saudara-saudara kami di Nagari Kajai, khususnya kawan-kawan wartawan.

Melalui PWI Pasbar Peduli, kami hadir. Kendati dengan nilai yang tidak seberapa, mudah-mudahan dapat bermanfaat. Dan semoga, seluruh korban gempa tabah, ikhlas menerima ujian ini, semoga selalu sehat dan Pasbar segera pulih sehingga bisa seluruh warganya bisa beraktifitas kembali dengan normal,” kata Ketua PWI Pasbar Suryandika diaminkan Sekretaris, Buyung Fajri.

Disanping itu,  Penasehat PWI Pasbar Yulison menambahkan,  bantuan yang diberikan PWI jangan dilihat dari nominalnya, sebab tak akan sebanding dengan duka yang terjadi. Tapi bantuan tersebut, sebagai bentuk rasa persaudaraan PWI Pasaman Barat terhadap sesama rekan se-profesi.Ketulusan PWI kiranya semua korban terdampak untuk dapat segera bangkit dari masa-masa sulit.

“Semoga solidaritas wartawan di Pasaman Barat kedepan semakin kuat,” ujarnya.

Seperti yang dilaporkan Media Center Posko Tanggap Darurat Data Gempa Pasbar pertanggal 08 Maret 2022 dilaporkan sebanyak 10 orang korban meninggal dunia yakni adalah Asri Dewi Lestari (24) warga Jembatan Panjang, Fatih (2) warga Jembatan Panjang Neri Herawati (47) warga Pasa Lamo Kajai, Anismar (70) warga Kajai dan Lawiyah (70) warga Kampuang Pasia Nagari Kajai Kecamatan Talamau.

Kemudian Nur Baya (75) warga Kampung Pasir Jorong Rimbo Batu Kajai Kecamatan Talamau, Ermawati (62) warga Lembah Gunung Kajai, Endra Watib (51) warga Jorong Lubuk Landua Kecamatan Pasaman, Ali Nuar (60) warga Jorong Timbo Nagari Kajai Kecamatan Talamau dan hari ini Erdina umur (27).

Sementara data Kerusakan permukiman 4.359 unit , fasilitas pendidikan 75 unit, fasilitas kesehatan 18 unit, fasilitas ibadah 40 unit, infrastruktur 26 dan Fasilitas pemerintahan 38 unit sedangkan fasilitas sosial kosong.** Buyung

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*