Satu Lagi Warga Payakumbuh Positif Terpapar Vovid-19

Wawako Erwin Yunaz saat meberi keterangan.
Wawako Erwin Yunaz saat meberi keterangan.

Payakumbuh, Editor.- Satu lagi warga Payakumbuh, Sumbar Positif terpapar virus vovid-19. Berarti sampai saat ini telah  dua orang warga Payakumbuh yang positif terserang virus tersebut.

Menurut wakil walikota Payakumbuh, Data ini merupakan pola penybaran lokal (local transmission), jelas Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunas  dalam video konferensi via aplikasi daring dengan wartawan dari Kantor Balaikota Payakumbuh, Selasa (28/4/2020).

Menurut Erwin, baru ini yang positif, yakni AL (pria),merupakan orang tanpa gejala (OTG) , merupakan keluarga inti dari Haji EH pasien pertama positif Covid-19 yang kini dirawat di Rumah Sakit Achmad Muchtar Bukittinggi.

Wawako menyebutkan, hasil positif ini didapat tadi malam setelah Pemko Payakumbuh mengirim lima sampel dari keluarga terdekat ke Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Unand Padang. Hasilnya, satu dinyatakan positif dan lainnya negatif

“AL sedang melakukan isolasi mandiri di rumah dan ia juga patuh melaksanakan proses karantina. AL sendiri juga membantu orang tuanya berjualan di Pasar Pusat Payakumbuh,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dr. Bakhrizal yang ikut mendampingi Wawako Erwin, meminta kejadian ini menjadi pelajaran semua warga Kota Payakumbuh.

“Mohon seluruh warga mematuhi protokol kesehatan, pakai masker keluar rumah, gunakan hand sanitizer, jaga jarak, dan hindari keluar rumah. Jangan bandel, karena ini untuk kesehatan kita semua,” tegasnya.

Ia menyebutkan, Dinas Kesehatan dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 akan terus mencari atau tracking seluruh warga yang pernah kontak dengan kedua warga yang positif dan mengambil sampelnya untuk dilakukan swap test.

“Kami menghimbau seluruh warga yang pernah kontak dengan pasien positif, segera melapor ke petugas kesehatan Puskesmas dan rumah sakit. Karena kita kesulitan melakukan, sebab pasien positif juga beraktifitas di Pasar Pusat Payakumbuh,” sebutnya. **  Yus

409 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*