Rusdi  Saleh Sorot Masalah Penganan Kebakaran di Kota Solok

Rusdi Saleh.
Rusdi Saleh.

Kota Solok, Editor.-Bencana kebakaran yang sering menimpa bangunan dan ruko, serta ladang masyarakat di kota Solok, kadang kala tidak.mampu diatasi dengan maksimal, berbagai problem jadi kendala, mulai dari kurangnya unit mobil damkar yang tersedia, hingga minimnya sumber air terdekat.

Menurut ketua komisi I DPRD kota Solok, Rusdi Saleh, kondisi itu adalah problem yang harus diatasi, khususnya yang berkaitan dengan bak penampungan air atau Kelonteng. Paparan itu disampaikannya, Jum’at, 23 September 2022, dalam pembahasan Ranperda perubahan APBD tahun 2022, bersama pemerintah daerah yang menjadi mitra kerjanya, di ruang rapat komisi I DPRD kota Solok.

Rusdi Saleh mengatakan, keberadaan bak penampung air yang cukup dan memadai, menjadi elemen penting bagi upaya Damkar dalam menjalankan tugasnya terutama saat terjadinya peristiwa kebakaran, oleh karena itu, pemerintah daerah melalui OPD terkait diminta untuk membangun bak penampungan dibeberapa titik dikota Solok.

Ketua Komisi I itu berharap adanya perhatian pemerintah kota Solok akan pentingnya keberadaan bak penampungan air tersebut. Bak penampungan air atau Kelonteng bisa dibangun didalam tanah dengan ukuran yang memadai.

Pembangunan bak penampungan harus berdasarkan survei untuk menentukan titik titik yang dinilai penting untuk dibangun, agar memudahkan damkar dalam menjalankan tugas disaat terjadi peristiwa kebakaran, seperti dipusat kota dan dikawasan padat penduduk. Selain itu bak penampungan juga penting dibangun dikawasan bangunan pemerintahan sebagai bentuk antisipasi dini terhadap munculnya bahaya kebakaran.

“Bangunan pemerintahan merupakan aset yang harus dijaga keamanannya, dan harus dijadikan sebagai salah satu prioritas,” imbuh Rusdi Saleh.

Lebih jauh Rusdi Saleh mengatakan, selama ini petugas Damkar kota Solok mengandalkan air dari aliran irigasi didepan kantor balai kota Solok, dan lokasi itu merupakan satu satunya sumber air apabila terjadi musibah kebakaran, mirisnya, kinerja damkar akan lambat disaat musibah yang terjadi jauh dari kawasan kantor balai kota Solok.

“Musim kemarau akan mengurangi debet air yang mengaliri irigasi itu, dan apabila terjadi musibah kebakaran, akan memuncul persoalan baru ” pungkas politisi PAan kota Solok tersebut

Pembangunan beberapa titik bak penampungan air bertujuan untuk mempercepat proses pengambilan air oleh petugas damkar apabila terjadi musibah kebakaran, dan bak penampungan air bawah tanah, bisa menjadi sebagai langkah awal antisipasi musibah kebakaran.** Gia

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*