RKPD Limapuluh Kota Dibahas Dengan Musrenbang

Limapuluh Kota, Editor.- Dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2018, Bupati Irfendi Arbi secara resmi membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan  Daerah (Musrenbang) Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu (29/3) di Aula kantor Bupati setempat, di Sarilamak.

Kegiatan ini diadakan selama dua hari dimulai Rabu  hingga Kamis (29-30/3) dengan tema penguatan ekonomi kerakyatan dan optimalisasi pelayanan public yang ditunjang kemantapan infrastruktur untuk kesiagaan terhadap bencana guna mencapai Kabupaten Limapuluh Kota yang mantap.

Hadir dalam kegiatan Musrenbang tersebut, ketua DPRD Kabupaten Limapuluh, Safarudin Dt.Bandaro Rajo, Wakil ketua DPRD,Deni Asra, Kepala Kejaksaan Negeri Payakumbuh, Hasbih Dandim 03/06 50 Kota,Letkol  Inf Heri Sumitro, Polres Limapuluh Kota, kepala OPD, Kecamatan, pemangku adat, anggota partai poltik serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Irfendi Arbi mengungkapkan, Musrenbang ini merupakan salah satu tahapan penting dalam proses penyusunan RKPD tahun 2018, sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang(UU) nomor 25 tahun 2004,tentang system perencanaan pembangunan nasional dan uu no 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Untuk itu “saya harap pelaksanaan Musrenbang RKPD ini dapat menjadi media interaktif bagi setiap pemangku kepentingan dalam merumuskan program dan kegiatan membangun demi komitmen bersama dalam pencapaian pembangunan Kabupaten Limapuluh Kota yang lebik baik lagi,” ujar Bupati.

Menurutnya, Musrenbang merupakan implementasi  tentang system perencanaan pembanguan yang wajib dilakukan,sehingga tata kelola pemerintahan di Kabupaten Limapuluh terukur, transparan dan akuntabel.

“Sesuai dengan perkembangan zaman Kabupaten Limapuluh Kota Saat ini,  dituntut dalam penyusunan RKPD melalui E-Govermence. Untuk itu, pemerintah nagari diminta memulai perencanaan melalui E Planing, sehingga perencanaan pembangunan yang direncanakan nantinya tepat sasaran,” ujar Bupati.

Selain itu, dalam perencanaan itu bupati juga meminta semua elemen agar meningkatkan tata kelola wisata yang lebih baik lagi di bidang pariwisata, terutama kemajuan wisata Lembah Harau. Begitu juga dengan trobosan-trobosan dalam peningkatan ekomomi kreatif di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Kalau perlu siapa pelaku yang berhasil menyuskseskan ekonomi kreatif di Kabupaten ini diberikan penghargaan, sehingga ekonomi kreatif lebih meningkat lagi di Kabupaten Limapuluh Kota,” ujarnya.

Dibidang pertanian, bupati juga meminta dalam RKPD nantinya perencanaan yang dituangkan, diharapkan memberikan manfaat langsung terhadap kehidupan petani, begitupun terhadap penguatan nagari. “ Untuk itu marilah kita semua bekerja dengan iklas, ini saatnya kita membangun Kabupaten ini, saya yakin kalau kita bekerjasama dalam perencanaan ini, kedepan kabupaten Limapuluh akan lebih baik lagi” tutupnya.

Sementara itu, ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota dalam pidatonya mengharapkan seluruh stack holder yang terlibat dalam perencanaan daerah ini membantu pemerintah daerah sesuai dengan visi misi yang telah dituangkan.

“Mari kita bangun Limapuluh Kota bersama-sama, kami dari legislatif akan terus membantu pemerintah daerah, demi terwujudnya 11 agenda perioritas Kabupaten Limapuluh Kota”ungkapnya. ** Yus

3349 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*