Prosesi Menaiki Rumah Gadang, Momen Mambangkik Batang Tarandam

Salayo, Editor.- Rumah Gadang adalah  tempat duduak basamo niniak mamak, alim ulama dan bundo kanduang di Minangkabau untuk mufakat dan bermusyawarah. Prosesi menaiki Rumah Gadang kaun Dt. Rajo Nan Kayo ini adalah salah satu momen dalam mambangkik batang tarandam karena kini sudah jarang keluarga yang mau membangun Rumah Gadang.

Hal ini dikatakan Bupati Solok, Gusmal, SE, MM, saat memberi sambutan pada acara Naiak Rumah Gadang Kaum Dt. Rajo Nan Kayo Suku Subarang Tabek di  Jorong Galanggang Tangah, Nagari Salayo Kec. Kubung, Sabtu (28/1). Hadir pada kesempatan ini Camat Kubung,  Dafrizon,  Ketua KAN Salayo. Donny Indra, seluruh niniak mamak, bundo kanduang dan undangan lainnya.

Lebih lanjut Gusmal mengucapkan terima kasih pada kaum Dt. Rajo Nan Kayo karena telah membangun kembali Rumah Gadang yang kini sudah jarang dilakukan masyarakat Minangkabau saat ini.

“Prosesi adat menaiki Rumah Gadang sudah banyak di lupakan oleh masyarakat Minangkabau disebabkan pengaruh dari budaya luar yang lebih mendominasi gaya hidup masyarakat, terutama kalangan anak muda.  Saya mengucapkan selamat kepada Al matsir Dt Rajo Nan  Kayo atas terlaksananya acara menaiki Rumah Gadang keluarga ini.” kata Gusmal.

Sebagaimana pada kesempatan lainnya, Gusmal tak bosan-bosannya menghimbau masyarakat untuk berperan serta aktif menyukseskan Empat Piar Pembangunan Kab. Solok dan berharap nimik mamak mengajak kemenakannya untuk shalat Subuh berjamaah dan membaca Al Qur’an sehabis Mangrib dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. ** Febrian D’Gumanti/Olga/Hms

1174 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*