Lestarikan Seni Budaya, Kota Solok Gelar Sumarak Anak Nagari

Solok, Editor.- Dalam pelestarian seni budaya daerah, Pemko Solok melalui Dinas Pariwisata Kota Solok gelar Sumarak Nagari, ajang kreatifitas anak nagari Solok. Kegiatan ini yang bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas sanggar-sanggar yang ada di kota Solok.

Pada kegiatan Sumarak Anak Nagari Kota Solok di taman Syech Kukut Kota Solok, Sabtu (28/1) tersebut ditampilkan kesenian daerah Minangkabau oleh sanggar Lubuak Nan Tigo. Acara itu dibuka oleh Wakil Walikota Solok Reineir dan juga dihadiri oleh ketua DPRD dan unsur forkompinda.

Wawako Reinier  menyampaikan, acara ini akan dijadikan agenda tetap sebagai bentuk upaya Pemerintah Kota dalam pelestarian seni dan budaya.

Sementara itu Ketua DPRD Yutris Can menghargai dan memberi dukungan terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Dinas pariwisata tersebut, karena iven ini bisa jadi daya tarik bagi orang untuk berdatangan ke Kota Solok.

“Diharapkan kegiatan serupa juga semakin bermunculan sebagai bentuk penggalian dan pelestarian seni kreatif. Prinsipnya legislatif akan memberikan dukungan terhadap kegiatan yang dilakukan dalam rangka pelestarian seni dan budaya anak nagari,” kata Yutris Chan.

Selain itu dalam rangka pelestarian dan peningkatan mutu hasil kerajinan khas Kota Solok dibawah koordinasi Dinas perdagangan,koperasi dan UKM bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) juga menyelenggarakan launching lomba design batik.sebagai pertanda dimulainya lomba design batik Kota Solok 2017

Terhitung hari ini telah dibuka pendaftaran peserta sampai dengand 10 Februari. Tanggal 1 sampai dengan  23 Februari penyerahan karya dan 25 Februari penjurian sekaligus pengumuman di Taman Syech Kukut Kita Solok.

Setelah dibuka secara resmi, acara diisi melukis motif batik secara simbolis oleh Wakil Walikota, Ketua DPRD dan Ketua Bundo Kanduang Kota Solok yang dilanjutkan pergelaran kesenian anak nagari solok dari sanggar-sanggar yang ada. Diantaranya Sanggar Gadih Malenggok, Sanggar Lubuak Nan Tigo, Sanggar Lubuak Saiyo dan Sanggar Alang Bangkeh.** Roni Akhyar/Hms

1057 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*