Pokdarwis Lembah Sajonang Produksi Hand Sanitizer Berbahan Daun Sirih

Ridha Julyantikha Putri penemu Hand Sanitizer berbahan alami daun sirih.
Ridha Julyantikha Putri penemu Hand Sanitizer berbahan alami daun sirih.

Sawahlunto, Editor.- Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lembah Sajonang Desa Talago Gunung Kecamatan Barangin. Dipelopori oleh s. Radha  Julienthika Putri, Pokdarwis Lembah Sajonang telah mulai memproduksi hand sanitizer dengan bahan alami dari daun sirih dan jeruk nipis. Rencanaya hand sanitizer ini akan diproduksi dalam jumlah besar jika seluruh penunjang seliruh bahan penunjangnya telah mencukupi.

“Hal ini bertujuan untuk mengatasi kelangkaan  hand sanitizer (cairan pembersih tangan) yang saat ini memang sangat dibutuhkan dalam upaya meminimalisir dampak penyebaran virus Corona.” Ujar Rhida, Kamis (02/04/2020).

Dikatakan Radha, untuk bahan berupa daun sirih dan jeruk nipis dirinya dan Pokdarwis Lembah Sajonang mengambil dari lingkungan sekitar di Desa Talago Gunuang. Hanya untuk botol sebagai wadah hand sanitizer tersebut pihaknya mengalami keterbatasan, sehingga saat ini menggunakan botol – botol bekas yang sesuai dan kemudian dibersihkan/disterilkan terlebih dahulu.

Ketua Pokdarwis Lembah Sajonang, Petra Ramadona atau yang akrab dipanggil Robert menjelaskan , Jika perlengkapan penunjang, yakni botol – botol kecil untuk wadah hand sanitizer ini sudah lengkap tersedia, Hand sanitizer  ini merupakan kegiatan sosial yang natinya akan dibagi-bagikan kepada Kota Sawahlunto.

Ketua Pokdarwis Lembah Sajonang, Petra Ramadona atau yang akrab dipanggil Robert menyebutkan bahwa saat ini pihaknya tengah mengajarkan pada masyarakat termasuk anak – anak muda lainnya di Desa Talago Gunung untuk ikut membuat hand sanitizer dengan bahan alami ini. Sehingga nanti begitu botol wadahnya ini lengkap maka hand sanitizer siap untuk dibagi – bagikan.

Dituturkan Robert, dengan mengajak masyarakat dan anak – anak muda ikut serta dalam memproduksi hand sanitizer ini tujuannya selain menambah tenaga kerja juga agar waktu mereka selama libur sekolah atau pun bekerja dari rumah lebih produktif.

Walikota Sawahlunto Deri Asta sangat mengapresiasi serta akan mengarahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait maupun Pemerintah Desa (Pemdes) dan Kelurahan untuk berkoordinasi terkait pembuatan dan pemanfaatan hand sanitizer alami ini.

“Kita sangat mengapresiasi sekali Radha dan Pokdarwis Lembah Sajonang ini, mereka telah melakukan hal yang sangat inspiratif dan akan membantu masyarakat banyak. Apalagi ini murni inisiatif dari mereka sendiri, maka kita akan fasilitasi agar bisa lebih terkoordinasi baik dengan Dinas terkait ataupun Desa/Kelurahan,” kata Walikota Deri Asta.

Deri berharap, apa yang dilakukan Radha dan Pokdarwis Lembah Sajonang bisa menginspirasi dan memotivasi anak – anak muda lainnya di Sawahlunto untuk ikut berbuat hal – hal yang mencerahkan dan membantu masyarakat terutama dalam situasi seperti sekarang ini.

“Kehadiran hand sanitizer alami dari Radha dan Pokdarwis Lembah Sajonang ini bak menjadi ‘sitawa sidingin’ dalam situasi sekarang ini. Kecemasan masyarakat akan langkanya hand sanitizer di pasaran bisa ditekan kalau hand sanitizer alami dari Pokdarwis Lembah Sajonang ini sudah bisa dibagi – bagikan nanti,” kata Deri Asta. ** Dinno/Hms

492 Total Dibaca 4 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*