Plh Bupati Aswirman Buka Musrenbang  RKPD Kab. Solok Tahun 2022

Musrenbang RKPD Kab. Solok tahun 2022.
Musrenbang RKPD Kab. Solok tahun 2022.

Arosuka, Editor.- Plh Bupati Solok Aswirman,SE,MM membuka secara resmi Musrembang RKPD Kabupaten Solok tahun 2022 di Gedung Solok Nan Indah, Selasa (30/3). Tema Musrembang RKPD Tahun 2022 adalah “Pemulihan Ekonomi  Melalui Sektor Strategis Daerah Pertanian, Pariwisata dan UMKM”

Hadir pada kegiatan tersebut Plh Bupati Solok Aswirman, SE, MM, Ketua DPRD Kab Solok Dodi Hendra, Kepala Bappeda Provinsi Sumbar mewakili, Kaban Barenlitbang Erizal, SE, MM, Kepala SKPD di lingkup Pemda Kab Solok, Camat dan Delegasi Kecamatan se Kabupaten Solok dan Forkopimda Kab Solok.

Dalam sambutannya Plh Bupati Solok Aswirman, SE, MM menyampaikan, proses musrembang pada hari ini memiliki peranan penting dan strategis dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah kabupaten Solok tahun berikutnya.

Rangkaian kegiatan ini berfungsi sebagai konsultasi publik untuk menyelaraskan rancangan RKPD dengan usulan dari masyarakat melalui setiap tahapan musrembang mulai dari rembuk jorong, musrembang nagari dan musrembang kecamatan.

“Perencanaan pembangunan yang kita rancang diharapkan tidak hanya berupaya untuk menyelesaikan permasalahan pada saat ini, namun juga mampu mengantisipasi permasalahan dimasa yang akan datang

Diharapkan seluruh pemangku kepentingan di kabupaten Solok untuk dapat terlibat aktif dan memberi perhatian serius agar tujuan musrembang yang kita harapkan dapat terwujud,” kata Aswirman.

Sementara itu Ketua DPRD Kab. Solok Dodi Hendra mengatakan,  Musrembang RKPD merupakan sebuah agenda kegiatan yang harus kita laksanakan setiap tahun sebagai wujud pelaksanaan amanah permendagri No 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah yang memiliki peran strategis dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah kabupaten Solok tahun berikutnya

Diharapkan seluruh pemangku kepentingan memberi perhatian serius dan optimal terhadap rangkaian proses ini serta terlibat aktif agar tujuan untuk menjadikan musrembang sebagai instrumen penting dalam perencanaan dan penganggaran yang partisipatif dapat diwujudkan.

“Kita berharap agar potensi-potensi ekonomi yang ada dibidang pertanian,pariwisata dan UMKM untuk dapat kita maksimalkan dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat Kab Solok tahun 2022,” kata Dodi Hendra.

Lebih lanjut dikatakannya, pada kesempatan ini kami informasikan bahwa DPRD Kab Solok sudah menyampaikan pokok-pokok pikiran ke pemerintah daerah melalui sistem informasi pemerintah daerah (SIPD) pada minggu ke 3 bulan maret ini. Tentunya kami berharap agar semua usulan yang telah dismampaikan tersebut agar mendapatkan perhatian bagi pemerintah daerah serta dapat tertuang dalam dokumen RKPD tahun 2022.

“Kegiatan Musrembang RKPD tahun 2022 diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperkuat koordinasi antar perangkat daerah dan mengokohkan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan seluruh pemangku kepentingan di kabupaten Solok,” pungkas Dodi Hendra.

Sebelumnya Panitia Pelaksana yang juga Sekretaris Barenlitbang  Ir. Desmalia Ramadhanur melaporkan, Maksud dan tujuan musrembang RKPD Kab Solok tahun 2022 ini adalah (1).Mematangkan rencana RKPD tahun 2022 menjadi rancangan akhir RKPD dengan cara menyelaraskan program dan kegiatan antar SKPD dengan memperhatikan aspirasi masyarakat yang kemudian hasilnya digunakan untuk pemutakhiran rancangan RKPD Kab Solok. (2).Mensinergikan intervensi yang dilakukan berbagai pihak,berbagai sektor dan tingkatan pemerintahan dalam penanganan isu – isu strategis. (3).Sebagai media konsultasi publik bagi segenap pemangku kepentingan untuk mendukung implementasi program dan kegiatan.

Waktu pelaksanaan musrembang RKPD tahun 2022 dilaksanakan selama satu hari. Peserta musrembang RKPD tahun 2022 diikuti lebih kurang 150 orang peserta yang terdiri dari unsur PRD,Forkompinda,instansi vertikal,Delegasi Kecamatan,pemuka masyarakat,dan pemangku kepentingan lainnya. ** Tiara/Hms

122 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*