Pimpinan Baznas Kab. Solok Dikukuhkan

Arosuka, Editor.- Pengukuhan Pimpinan Baznas  Kabupaten Solok Periode 2016-2021 dilaksanakan di Ruang Danau Singkarak pada tanggal 27 Desember 2016. Acara ini dihadiri oleh Bupati Solok H. Gusmal, SE,MM, Ketua Baznas  Provinsi Sumatera Barat Syamsul Bahri Khatib, Kemenag Solok yang diwakili H. Kardinal, serta SKPD Lainnya dan Camat beserta Wali Nagari se Kab. Solok.

Dalam sambutannya  Ketua Baznas  Provinsi Sumatera Barat Syamsul Bahri Khatib mengatakan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional. Dengan demikian, Baznas  bersama Pemerintah bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan: syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas. Ia mengajak setelah terbentuknya  Baznas di Kab.Solok, untuk kedepannya sama-sama diperhatikan oleh semua kalangan.

“Dan mari kita dukung bersama-sama, Baznas yang sudah kita kukuhkan sekarang ini dan juga magrib Al-Qur’an yang di penuhi dengan bacaan Al Qur’an setiap maghribnya di masjid maupun di surau dan begitu juga dengan subuh berjamaah adalah do’a saya setiap sholat,” kata Syamsul Bahri Khatib..

Dalam sambutannya Bupati Solok, H. Gusmal mengatakan,  sebagai umat Islam kita harus tolong menolong dan dengan kejujuran, pengabdian dan keikhlasan semua yang kita lakukan akan terasa berharga.

Zakat berasal dari bahasa Arab yang berarti suci, bertambah dan berkembang, berkah, dan terpuji. Sedangkan secara istilah syara’, zakat berarti suatu bentuk ibadah kepada Allah SWT dengan mengeluarkan sebagian hartanya dan hukumnya wajib untuk dikeluarkan sesuai aturannya dan diberikan kepada golongan-golongan tertentu yang berhak menerimanya.

Harapan Gusmal, semoga Baznas bisa berdaya guna bagi yang membutuhkannya, dan juga berzakat adalah kewajiban umat muslim dan untuk kedepannya. Baznas hanya ada satu pintu supaya semua program atau profile Baznas bisa dilihat secara langsung. Tambahnya lagi, kedepannya agar para pengurus Baznas yang akan dikukuhkan sekarang ini bisa lebih baik, lebih amanah, lebih professional, serta lebih akuntabel. Gusmal Mengajak kepada Camat danWalinagari kalau ada badan amil zakat di Nagari supaya mengajak masyarakat untuk bergabung ke Baznas Kabupaten Solok.

Pada tanggal 30 Desember 2016 program subuh berjamaah nanti akan dilaunching di Islamic center. Kepada Camat dan Walinagari diinstruksikan untuk mengajak semua masyarakat untuk melakukan subuh berjamaah. Ditambahkannya, ini adalah program Pemerintah Daerah dan masyarakat diajak untuk menyukseskan bersama-sama, supaya Magrib mengaji dan subuh berjamaah terlaksana di Kabupaten Solok. ** Febrian D’Gumanti/Erby/Hms

1189 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*