Pertama Kali Digelar, Tari Kolosal Meriahkan HUT RI ke 72 di Kota Pariaman

Pariaman, Editor.– Pertama Kali, 1000 pelajar SD dan SMP se Kota Pariaman, mengikuti Tari Kolosal dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 72, tingkat Kota Pariaman, yang digelar di Halaman Balaikota Pariaman, Kamis (17/8).

Acara yang dimulai jam 8 pagi ini, dimulai dengan penampilan Marching Band dari SMPN 3 Pariaman, kemudian dilanjutkan dengan teater tetrikal yang dilakukan oleh pelajar SMP dan anggota TNI dan Polri, yang menggambarkan tentang bagaimana para pejuang dahulu, berkorban jiwa dan raga dalam memperebutkan kemerdekaan, walau hanya bersenjatakan bambu runcing.

Masyarakat yang tumpah ruah menyaksikan pagelaran ini juga ikut larut dalam cerita, apalagi ketika 1000 pelajar dari SD-SMP memenuhi halaman balaikota pariaman sambil mengimbarkan bendera merah putih dikedua tangannya.

Setelah selesai jam 9.30 wib, kemudian baru dilanjutkan dengan pengumpulan pasukan peserta upacara yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Dishub, Pol PP, Damkar dan ASN serta mahasiswa dan pelajar dari SD -SMA.

Tepat pukul 10.00 wib, upacara bendera dalam rangka HUT Kemerdekaan RI yang ke 72 tingkat Kota Pariaman digelar, dengan bertindak selaku inspektur upacara Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dan pembaca Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyudin.

Hadir juga Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dan istri, Kapolres Pariaman AKBP Bagus Suropratomo dan istri, Dandim 0308 Pariaman Letkol Arh Hermawansyah dan istri, Wakil Ketua DPRD Syafinal Akbar dan istri, Kepala Pengadilan Negeri Admiral, Kalapas Pariaman Pudjianto, Forkopimda, Kepala Kantor Kemenag Kota Pariaman Muhammad Nur dan istri, Sekda Indra Sakti dan istri, Ketua TP PKK Ny. Reni Mukhlis, serta para undangan, Kepala SOPD, Kabag, Camat dan para Veteran, Pepabri, Warakauri dan masyarakat yang hadir.

Pelaksanaan Penaikan Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Pariaman berjalan sukses dan lancar. Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan tanda jasa bagi ASN Pemko Pariaman yang telah mengabdi selama 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun. Dikesempatan ini juga Wako, Wawako dan Forkopimda berkesempatan memberikan hadiah pada pemenang yang diadakan dalam menyambut HUT RI oleh Pemko Pariaman.

Untuk ASN yang mengabdi selama 30 tahun diterima oleh Irmadawani (Kepala BKPSDM Kota Pariaman), untuk masa bhakti 20 tahun oleh Agusriatman (Kadis Pertanian Kota Pariaman) dan masa bhakti 10 tahun oleh Elvis Candra (Kabag Umum Setdako Pariaman), yang tanda jasa serta piagam diserahkan kesemuanya oleh Walikota Pariaman.

Mukhlis Rahman mengatakan, Kemerdekaan Indonesia diperoleh atas jasa para pahlawan yang dengan gagah berani bertempur menghadapi penjajah. Karena itu sudah sepantasnyalah kita generasi selanjutnya mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang membangun bangsa dan negara dalam kehidupan yang lebih baik, serta bersatu dalam wadah NKRI. .

“Sesuai tema peringatan HUT ke 72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2017 adalah  Indonesia Kerja Bersama, dengan tema tersebut diharapkan kita dapat merepresentasikan semangat gotong royong untuk menuju masa depan yang lebih baik,” kata Mukhlis Rahman.

Hal ini merupakan langkah kongkrit pemerintah dalam upaya menguatkan kembali semangat kerjasama dan gotong royong di tengah masyarakat, serta menyatukan kembali seluruh unsur lapisan masyarakat, untuk dapat bersama-sama bekerja dalam membangun indonesia yang lebih sejahtera dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), katanya lebih lanjut.

“Semoga semangat kemerdekaan ini, akan terus menyertai langkah kita, dalam menuju Kota Pariaman khusunya dan indonesia umumnya, menjadi lebih baik, yang adil, sejahtera, masyarakat yang madani, dan pembangunan yang merata di segala aspek kehidupan,” tutupnya.

Pada kesempatan itu Bank Nagari memberikan bantuan CSR Beasiswa untuk pelajar Kota Pariaman sebesar Rp 90 juta dalam bentuk tabungan kepada para pelajar di masing-masing tingkatan. ** J/Hms/Sgr

794 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*