Pertama Kali di Kota Pariaman, Melihat Hilal di Pantai Gandoriah

Pariaman, Editor.- Pemerintah Kota Pariaman bersama Badan Hisab Rukyat (BHR) Kementerian Agama Kota Pariaman melakukan Rukyatul Hilal di Pantai Gandoriah Pariaman. Pantai Gandoriah disamping sebagai kawasan Wisata yang terkenal di Sumatera Barat juga dipergunakan sebagai tempat rukyatul hilal untuk menentukan masuknya Bulan suci Ramadhan  1437 H. Pantai gandoriah sangat tepat digunakan untuk melihat bulan, kalau cuaca cerah sering digunakan oleh para wisatawan untuk melihat sunset menjelang magrib.

Menurut Kepala Kementerian Agama Kota Pariaman, Helmi, M.Ag, rukyatul hilal belum pernah dilakukan selama ini di Kota Pariaman, ini yang pertama kali dilakukan dengan kerjasama Pemerintah Kota Pariaman dengan Badan Hisab Rukyat (BHR).

”Badan Hisab Rukyat telah memiliki peralatan teodolit dan teleskop untuk melihat munculnya pergantian bulan dari Sakban ke Ramadhan, dan kegiatan ini dilaksanakan pada hari minggu, 29 Sa’ban 1437H/ 5 Juni 2016 pada jam 17.30-18.00.” tutur Helmi yang sekaligus Da,i cukup terkenal di Kota Pariaman.

Hasil Rukyatul hilal ini menurut Helmi, akan dilaporkan ke Badan Hisab Rukyat Pusat, sebagai bahan pertimbangan dalam rapat Sidang Istbat penetapan 1 Ramadhan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman juga mengatakan masyarakat Kota Pariaman harus arif menyikapi apabila terjadi perbedaan dalam memulai pelaksanaan puasa, kapan masuknya bulan suci ramadhan tidak perlu dipertentangkan, kembali pada keyakinan kita masing-masing.

“Saya minta masyarakat tidak mempolemikan apabila terjadi perbedaan berpuasa dan berhari raya, kita kembalikan kepada keyakinan kita masing-masing, yang harus kita tegur dan nasehati adalah orang yang tidak berpuasa,” ungkap Mukhlis.

Sementara itu, sebagaimana dikutip dari Detiknews, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1437 H jatuh pada hari Senin, 6 Juni 2016. Berdasarkan  Maklumat Nomor: 01/MLM/1.0/E/2016 tentang penetapan hasil hisab ramadhan, syawal dan Zulhijah 1437 H dibacakan langsung oleh ketua PP. Muhammadiyah Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas di kantor Jl. Cik Ditiro Yogyakarta, Senin (18/4/2016). ** Y/Sgr

804 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*