Peringatan HUT RI ke-71 dI Payakumbuh Semarak, Tertib dan Khidmat

Payakumbuh, Editor.- Upacara hari keramat 17 Agustus 2016,  dipusatkan di Stadion Kubu Gadang di Kelurahan Balai nan Tuo Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur, berlangsung Semarak, tertib dan khidmat. upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Kota Payakumbuh, Rabu  (17/8).

Walikota H. Riza Falepi tampil sebagai inspektur upacara. Duplikat bendera nasional merah putih diserahkan Walikota Riza kepada pembawa baki,  Rahma Diana dari SMA RJ, untuk dikibarkan  angggota Paskibraka.

Sebelumnya, Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, tepat pukul 10.00 WIB,  dengan lantang membacakan teks Proklamasi, diiringi raungan sirene, di depan ribuan pasangan mata peserta upacara.

Sementara itu, Kapolresta Payakumbuh AKBP  Kuswoto, Rabu,   pukul 00.00 WIB, memimpin upacara malam renungan suci, memberikan penghormatan kepada arwah pahlawan dan pejuang di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa  Payakumbuh, bersama kepala daerah kedua daerah dan anggota Muspida serta pimpinan DPRD dan SKPD serta anggota TNI/Polri.

Upacara HUT RI ini, juga diikuti Wawako H. Suwandel Muchtar,  Sekdako H. Benni Warlis, Kapolresta AKBP Kuswoto, Ketua Pengadilan Negeri Efendi, SH, MH, Wakil Ketua DPRD Suparman, Kepala BNNK Payakumbuh AKBP Firdaus, serta Kasdim 0306/50 Kota dan Kepala Kejaksaan Negeri diwakili Andika P Shandy, SH, Kakankemenag H. Asra Faber,   Ketua TP-PKK Ny. Dr. Henny Riza Falepi,  Wakil Ketua TP-PKK Ny. Hj. Suwandel Muchtar, Ketua Ikade Ny. Yendri Bodra, DPRD, Asisten setdako, pimpinan SKPD, TNI/Polri, Korpri, KNPI, mahasiswa dan pelajar serta pengurus ormas, orpol, OKP dan LSM.

Selain di Kubu Gadang,  upacara peringatan HUT RI di Payakumbuh, juga berlangsung diseluruh sekolah, kantor perbankan dan kecamatan. Suasana hari kemerdekaan di Payakumbuh, cukup meriah dan semarak dari tahun sebelumnya. Sore harinya, Wawako Suwandel Muchtar, tampil sebagai Irup saat penurunan bendera merah putih.

Anggota Paskibraka yang diasuh Serma Aidal dari Kodim 0306/50 Kota, tampil gagah bersama anggota TNI/Polri dalam menjalankan tugasnya menaikkan dan menurunkan bendera. “Kami  korp pelatih bersama PPI (Purna Paskibraka Indonesia) Payakumbuh bangga dan senang,  semua anggota Paskibraka menjalan tugasnya dengan baik,” ucap Aidal.

Usai upacara, Walikota Riza Falepi secara simbolis menyerahkan Satya Lencana Purnakarya kepada 6 dari 187  PNS terbaik  yang telah mengabdi antara 10, 20 dan 30 tahun di jajaran Pemko Payakumbuh. Dari lapangan Kubu Gadang, untuk selanjutnya, Walikota Riza Falepi bersama Ketua DPRD Dt. Parmato Alam, dan anggota Muspida  beserta isteri berkunjung ke Lapas Kelas II B Payakumbuh, mengikuti acara penyerahan remisi kepada 126  napi dari 235 anak binaan yang mendiami Lapas.

Remisi dilaporkan Kepala Lapas Payakumbuh, Agus Prakorsa,  bervariasi dari  1 sampai  5 bulan. Tidak ada anak binaan Lapas atau  napi yang langsung  bebas dengan pemberian remisi itu, sebut Agus.  Menteri Hukum dan HAM dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Walikota Riza Falepi, mengimbau, seluruh anak binaan, untuk merenung, dan menyadari, agar pengalaman selama di Lapas, dijadikan untuk memotivasi diri, bangkit menghadapi masa depan yang lebih baik.

Sedangkan, Wakil Walikota Suwandel Muchtar bersama Ketua GOW Ny. Hj. Suwandel Muchtar, Camat Payakumbuh Utara Nofriwandi, Kadis Sosial Idris, melakukan anjang sana ke rumah dua lansia terlantar di Kelurahan Koto Kaciak Kubu Tapak Rajo, Kecamatan Payakumbuh Utara. Kedua Lansia, masing-masing Nani (75 th) dan Rusna (85 th), diberi bantuan pemakanan berupa beras, supermi, susu, minyak goreng, gula, teh, roti dan makanan lainnya. Sebagai kado di hari ulang tahun kemerdekaan RI.

Malam resepsi HUT RI tahun ini, dipusatkan di depan Pos Polisi Kota, di Jalan Sudirman Payakumbuh, dengan pegelaran musik pop, Sabtu (20/8). Dua artis Minang yang sekarang lagi ngetop, direncanakan akan ditampilkan  Disparpora yang menggawangi malam kesenian itu. Seluruh anggota Paskibraka dan pelatihnya, diundang untuk menikmati malam hiburan yang merupakan pesta rakyat Payakumbuh itu.

Dalam rangkaian HUT RI ke-71 ini, seluruh pelajar di Payakumbuh, akan ikut iven Payakumbuh Fashion Carnaval serta pawai pembangunan dan pawai alegoris, Kamis (18/8). Pawai ini akan menyusuri jalan protokol di Payakumbuh, setelah dilepas dari garis star di lapangan GOR Kubu Gadang. Rute yang akan ditempuh, Simpang Labuh Basilang, Jalan A. Yani, Simpang Adipura dan Jalan Sudirman Payakumbuh, dengan garis finis di depan Pos Polisi Kota. ** Yus

794 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*