Percepat Pedagang Berusaha, Los Dan Kios Yang Terbakar di Pasar Bawah  Bukittinggi Dibersihkan

Pembersihan los dan kios yang terbakar.
Pembersihan los dan kios yang terbakar.

Bukittinggi, Editor.- Pasca kebakaran sejumlah los dan kios serta lapak pedagang di pasar bawah Bukittinggi, lokasinya telah mulai dibersihkan pemko setempat melalu kegiatan Goro.

Upaya pembersihan bekas lokasi kebakaran oleh Pemko Bukittinggi untuk mempercepat  penanganan agar pedagang bisa cepat berusaha kembali dan merasa dilayani oleh pemerintah. Mulai Minggu (12/09) sore, gabungan SKPD Pemko Bukittinggi melakukan gotong royong dengan kekuatan penuh dalam rangka percepatan pembersihan lokasi kebakaran sesuai arahan Wali Kota Bukittinggi.

Pada Senin (13/09), puing-puing dan tumpukan material bekas kebakaran telah  tertata serta siap untuk  dimuat ke kendaraan pengangkut sampah.

Di samping proses pembersihan, Pemko Bukittinggi melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, juga melakukan pendataan para pedagang yang terdampak akibat musibah kebakaran tersebut.

Proses pelaporan atau pendaftaran ulang bagi pedagang korban kebakaran dilaksanakan di Kantor Bidang Unit Pasar Bawah, Dinas KUKMP.

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, menjelaskan, proses pendaftaran atau pendataan ulang ini bertujuan untuk mendapatkan data yang valid sebagai acuan untuk tindak lanjut ke tahapan pemulihan selanjutnya.

Dalam pendataan ini, setiap pedagang diminta untuk membawa fotokopi Kartu Pemegang Hak Sewa, atau biasa dikenal dengan istilah Kartu Kuning, Kartu Pembayaran, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) serta mengisi blanko pendaftaran yang disediakan.

“Proses ini sangat penting. Pertama, dalam rangka mencocokkan antara nama yang terdata dengan yang menempati kios/los. Kedua, hasil data ini akan menjadi acuan dalam mengestimasi kebutuhan alokasi tempat baru untuk para pedagang tersebut, serta acuan dalam setiap tindakan atau kebijakan terkait pemulihan musibah kebakaran ini,” jelasnya wako melalui Sekretaris Dinas KUKMP Syanji kepada awak media. ** Widya

78 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*