Perbaikan Jalan Abai – Sungai Dareh Sudah Sangat Mendesak

Solok Selatan, Editor.- Masyarakat nagari Lubuk Ulang Aling, Kecamatan Sangir Batang Hari, Solok Selatan berharap, agar infrastruktur jalan provinsi Abai-Sungai Dareh diperbaiki. Sebab, sebagian jalan masih dalam kondisi jalan tanah.

Camat Sangir Batang Hari, Gurhanadi menjelaskan, sekitar 60 KM jalan provinsi tersebut sudah dibuka, namun belum tembus ke Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya.

Sekitar 48 KM katanya,  perlu ada perawatan drainase, yang saat ini sebagian masih jalan tanah. Bila musim hujan, maka sangat menyulitkan warga yang melintasi kawasan jalan provinsi itu dengan kendaraan roda empat.

“Kita sering didesak warga di tiga nagari di Lubuk Ulang Aling, agar memperjuangkan peningkatkan jalan tersebut. Sebagai camat, kita hanya bersifat mengusulkan. Namun tahun ini, apakah anggarannya ada atau tidak,” ungkap Gurhanadi di Sangir Batang Hari.

Jalan provinsi tersebut dilelewati tiga kenagarian dengan jumlah penduduk sekitar 6.000 jiwa. Yakni warga Nagari Lubuk Ulang Aling, Lubuk Ulang Aling Tengah dan Lubuk Ulang Aling Selatan. Mereka sangat berharap adanya peningkatan jalan dan tembus ke kabupaten tetangga.

Juga diharapkan Gurhanadi wakil rakyat di DPRD Sumbar memperjuangkan anggaran peningkatan jalan provinsi, demi kelancaran akses transportasi dan jalur perdagangan dua kabupaten.

“DPRD Provinsi diharapkan memperjuangkannya, sebab akses transportasi darat sangat di harapkan sejak puluhan tahun. Sebelumnya, hanya lewat jalur transportasi air,” katanya.

Sudah saatnya masyarakat pelosok daerah itu, menikmati akses jalan yang layak. Maka butuh perhatian provinsi soal anggaran, juga perlu perjuangan wakil rakyat asal Solok Selatan yang duduk di lembaga legislator provinsin Sumbar.

“Bila jalan ini bagus, maka perekonomian antar daerah bakal bangkit. Apalagi jalur provinsi ini menjangkau daerah pusat ibukota Kabupaten Solsel,” pungkasnya.

Sementara Anggota DPRD Sumbar, Zigo Rolanda ketika dihubungi menyebutkan, pihaknya belum melihat DPA 2018, yang sebelumnya saat pembahasan anggaran di DPRD Sumbar ada usulan peningkatan jalan Abai-Sungai Dareh. Namun tidak diketahui apakah masuk di tahun ini atau belum.

“Saya belum bisa menjawabnya sekarang, soalnya saya belum melihat DPA. Apakah sudah terakomodir tahun ini, atau belum,” ujarnya.

Yang sudah jelas anggaran APBD Sumbar untuk Solsel, baru untuk hotmix jalan provinsi Duriantarung, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir dan di Bukit Manggis, Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir.

Dengan anggaran sebesar Rp12 miliar, sehingga persoalan jalan buruk di pusat kabupaten Solsel dituntaskan.

“Yang jelas anggaran untuk jembatan penghubung Abai-Sungai Dareh, apakah sudah masuk anggaran apa belum di tahun ini,” katanya. * AR/Yoyo

1294 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*