Penyemprotan Desinfektan di Berbagai Objek Vital di Tanah Datar

Tanah Datar, Editor.- Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Tanah Datar lakukan penyemprotan desinfektan di berbagai objek vital. Hal ini dalam upaya mencegah, mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran wabah virus corona (Covid-19).

Perkembangan penyebaran wabah virus corona yang dirilis pemeritah setiap hari dan semenjak Presiden RI Joko Widodo mengumumkan adanya dua pasien yang terkonfirmasi positif terjangkit Covid-19, 2 Maret 2020 yang lalu menunjukkan angka positif yang terus naik.

Hingga saat ini per 19 Maret 2020 kasus pasien positif terinveksi Covid-19 mencapai 309 orang. Juru bicara pemerintah dalam penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam satu hari terdapat 82 tambahan kasus baru positif corona.

Sementara dari data Kementerian Kesehatan RI per 19 Maret 2020, dari 309 kasus terinveksi Covid-19, 15 orang dinyatakan sembuh, 25 orang meninggal dunia dan 269 orang masih dalam perawatan (Sumber Kabar Khusus tvone).

Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah mulai pemerintah pusat hingga pemerintah daerah. Seperti di Tanah Datar Datar yang melakukan penyemprotan desinfektan di objek-onjek vital seperti Kantor Bupati Tanah Datar, Kantor DPRD, Istano Basa Pagaruyung, Masjid Nurul Amin, Kejari Tanah Datar, Pengadilan Negeri Batusangkar, Pasar Batusangkar dan objek vital lainnya.

Tim gabungan yang terdiri dari TNI Kodim 0307 Tanah Datar, Polres Tanah Datar, Satpol PP Damkar dan tim BPBD selaku koordinator ini bergerak dengan membagi tiga tim untuk melakukan penyemprotan.

Kalaksa BPBD Tanah Datar Thamrin Basroel, Jum’at (20/03) di posko pencegahan covid-19 yang didirikan di komplek perkantoran pemda setempat menyampaikan, penyemprotan yang dilaksanakan mulai hari ini di objek vital atau fasilitas publik ini dalam upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus corona, dan juga sebagai upaya mengurangi rasa kecemasan masyarakat terhadap penyebaran virus corona.

“Selain tempat wisata, perkantoran dan fasilitas publik, tempat ibadah terutama di pinggir jalan raya yang banyak dikunjungi tidak hanya oleh penduduk lokal namun juga pendatang, itu akan kita lakukan penyemprotan,” ucapnya.

Thamrin juga menyebut akan melakukan penyemprotan di wilayah sekitar kota Ba’tusangkar, “untuk hari ini kita lakukan penyemprotan dengan 10 tangki semprot sprayer manual, satu unit pompa dan genset serta mobil BPBD dan dengan bantuan tenaga Polri dan TNI, Satpol PP Damkar dan petugas BPBD,” sambungnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Irwandi ketika meninjau langsung penyemprotan di Istano Basa Pagaruyung menyampaikan ajakan kepada masyarakat untuk hidup bersih,   berprilaku dan bersikap serta menghindari keramaian jika tidak perlu kecuali mendesak.

Selain itu dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini Sekda katakan, pemda telah mengambil kebijakan di antaranya dengan meliburkan anak sekolah dari tangga 20 Maret hingga 1 April mendatang.

“Saat ini kita melakukan penyemprotan desinfektan di fasilitas pelayanan publik dan fasilitas umum serta pasar, sehingga diharapkan ini dapat mencegah terjadinya penularan Covid-19, juga dilakukan dihimbau di seluruh gedung, kantor dan fasilitas publik hingga ke nagari-nagari dan kita berharap ini menjadi gerakan bersama, tidak cukup tugas pemerintah daerah tetapi butuh dukungan semua pihak,” ucapnya.

Sekda juga menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak berlebihan dalam menyikapi virus corona, namun tetap waspada.

“Kita berharap pemerintah daerah bersama Forkopimda yang tergabung dalam gugus tugas yang sudah dibentuk bisa bersama-sama aktif mengendalikan penularan virus corona ini,” ulas Irwandi. ** Humas-Irfan

315 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*