Pengurus BUM-Nag se Kabupaten Solok Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas

Padang, Editor.- Dengan terbentuknya BUM Nag disetiap Nagari, diharapkan kekayaan dan sumberdaya Nagari dapat dikelola secara optimal dan munculnya usaha usaha ekonomi produktif baru yang memperkuat otonomi dan ekonomi masyarakat, serta terwujudnya masyarakat yang maju dan mandiri. 

Hal itu diungkapkan Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM dalam sambutannya saat membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengurus BUM-Nag se Kabupaten Solok, di Hotel Hayam Wuruk Padang, Senin (18/9).

Bupati mengapresiasi kepada Perangkat Nagari beserta Pengurus Bumnag yang mengikuti kegiatan ini. Diharapkan melalui kegiatan ini ekonomi dan kesejahteraan masyarakat semakin lebih baik. Diharapkan BUM Nag yang merupakan lembaga keuangan yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat ini menjadi lembaga yang betul-betul menjadi penggerak perekonomian masyarakat.

Lebih lanjut dikatakan bupati, Badan Usaha Milik Nagari keberadaannya dilindungi oleh Undang-Undang. Diharapkan kepada para Camat dan Wali Nagari untuk segera membentuk Bumnag di setiap Nagari, sebagai Wujud dukungan dan responsif terhadap Visi dan Misi kita 5 tahun kedepan, serta tindak lanjut dari Empat Pilar Pembangunan Kabupaten Solok yaitu dibidang Ekonomi Kerakyatan.

“Dengan terbentuk dan berdirinya BUM Nag ini diharapkan segala bentuk usaha ekonomi kerakyatan dari berbagai bidang dan secto,” kata Gusmal.

Sebelumnya Kepala BPMN Kabupaten Solok,  Medison, S. Sos, M. Si dalam laporannya menjelaskan,  peserta pelatihan ini berjumlah 30 orang yang terdiri dari 15 orang Aparat Nagari dan 15 orang pengurus BUM Nag.

“Kegiatan ini bermaksud agar setiap Nagari dapat mendirikan BUM Nag  untuk mendorong kegiatan pertumbuhan perekonomian masyarakat. Sedangkan pengelolaannya dilakukan oleh masyarakat dengan memaksimalkan potensi yang ada di Nagari antara lain potensi ekonomi, Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusia,” kata Medison. ** Febrian D’Gumanti/Oktaberia/Hms.

654 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*